Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Indonesia arrow Jawa - Bali arrow Destinasi Beraura Edukasi
Destinasi Beraura Edukasi PDF Cetak E-mail
(2 votes)
Minggu pagi yang cerah. Tampak kerumunan anak-anak mengenakan seragam sepakbola yang beraneka rupa. Di sudut lapangan beberapa orang tua membentuk kelompok-kelompok kecil membicarakan tentang anak-anak mereka. Ternyata Buperta (Bumi Perkemahan dan Garaha Wisata) Cibubur sedang membuka pendaftaran kompetisi sepakbola antar klub anak-anak.


Diah yang mengantar anaknya mendaftar, mengaku baru sekali ke Buperta. "Ternyata masih ada tempat seperti ini di Jakarta. Besok lagi saya akan lebih sering mengajak keluarga rekreasi di sini," ujar ibu yang tinggal di Bekasi ini.

Buperta memiliki segudang fasiltas bagi anak-anak maupun keluarga yang ingin merasakan sensasi berbeda dalam berekreasi. Lapangan sepakbola hanya satu dari sekian fasilitas yang semuanya mengandung unsur pendidikan. Pasalnya lahan terbuka ini sengaja dibuat untuk berbagai kegiatan kepramukaan, anak-anak, pemuda, dan komunitas.

Buperta memiliki luas area 210 hektare. Lahan itu digunakan untuk perkemahan putra dan putri, hutan tropis dan kawasan danau, serta 31 gedung. Tidak banyak negara yang memiliki lahan perkemahan seluas Cibubur. Keasriannya pun terus dijaga, jangan heran jika menjumpai kawanan monyet bergelantungan dipepohonan.

Bagi keluarga yang ingin berkemah namun tidak mempunyai perlengkapan yang cukup, Buperta telah menyediakan peralatan untuk disewa. Dengan berkemah bisa menanamkan kemandirian kepada anak-anak kita. Masih ingat dengan persami (perkemahan sabtu minggu) yang pernah kita dapat di bangku Sekolah Dasar (SD)? Kita bisa mengenang masa-masa itu dan berbagai pengalaman bersama anak-anak di sini.

Selain perkemahan dan tempat membina generasi muda. Buperta sebagai tempat rekreasi, memiliki Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara yang indah dan asri. Mengambil bagian sekitar lima hektar yang posisinya berdekatan dengan pintu keluar. Taman ini dapat dinikmati masyarakat umum sebagai upaya menanamkan dan meningkatkan disiplin berlalu lintas.

Taman didesain layaknya kota Jakarta dalam skala yang lebih kecil, sebagai wadah memberikan pendidikan pemahaman, sekaligus tempat bermain bagi anak-anak generasi penerus bangsa dengan metode belajar sambil bermain, dan belajar sambil bergembira.

Anak-anak dapat mengendarai mobil (fun car), sepeda, dan naik kereta mengelilingi kota sambil menerapkan aturan berlalu lintas yang baik. Yadi yang datang bersama istri dan ketiga anaknya mengaku sudah tiga kali mengunjungi taman ini. "Setiap kali ke sini, saya selalu menyewa mobil, ibunya juga begitu. Jadi kita satu keluarga kompoi di sini," kataYadi, yang selalu membawa serta keluarga menikmati liburan.

Fasilitas pendidikan lainnya adalah arena outbond yang telah dilengkapi dengan berbagai permaianan halang rintang. Fasilitas ini khusus untuk menanamkan keberanian, kepercayaan diri, ketangkasan, keseimbangan dan lain-lain. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pengunjung harus didampingi dengan instruktur berpengalaman.

Buperta juga mempunyai kolam renang sebagai pelengkap rekreasi keluarga. Anak-anak bisa bebas bermain air di beberapa kolam yang telah disediakan dengan kedalaman tertentu.

Ketika Jakarta telah menjadi kota yang menyesakkan, ruang-ruang publik dipersempit akibat pembangunan fisik. Tempat bermain dan belajar terkonsentrasi pada gedung-gedung pencakar langit, ruang-ruang terbuka-pun semakin sedikit. Merebaknya arena hiburan dan permainan di mal, menjadikan rekreasi keluarga cenderung ke pusat perbelanjaan.

Namun semua itu hanya memberikan kesenangan dan kepuasan semata. Secara tidak langsung kita telah mengajarkan budaya konsumtif kepada anak-anak. Tentunya kita ingin liburan berbeda dan memberikan yang terbaik bagi keluarga.

Sebuah destinasi khusus untuk rekreasi keluarga ada di sekitar kita. Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, diTimur Jakarta ini adalah sebuah alternatif untuk menanamkan nilai-nilai positif. Segera arahkan kendaraan menuju kawasan Cibubur, dan temukan sensasi berbeda di Buperta Jambore Pramuka.

Tips

Menjangkau Buperta Pramuka tidaklah sulit, posisinya persis disisi tol Jagorawi. Jika anda dari arah dalam kota Jakarta, arahkan kendaraan menuju Bogor via tol Jagorawi, kemudian keluar di pintu tol cibubur.

Begitu keluar lokasinya sudah terlihat di tandai dengan patung tunas kelapa yang besar. Untuk mengadakan kegiatan baik skala kecil maupun besar disarankan melakukan reservasi melalui surat atau datang langsung dua minggu sebelumnya.

Berikut daftar biaya yang harus Anda siapkan:
Karcis masuk hari Sabtu dan Minggu
  • Pramuka Rp 3.000
  • Pelajar Rp 4.000
  • Umum Rp 6.000
  • Mobil Rp 8.000
  • Bus/Truk Rp 15.000
  • Sepeda Motor Rp 5.000
  • Sewa Perlengkapan Berkemah mulai Rp 25.000 - Rp 2.500.000
  • Fasilitas Rekreasi dan Olahraga mulai Rp. 100.000 - Rp 1.500.000
  • Kamar / Wisma mulai Rp 160.000 - Rp 720.000.
Sumber: Majalah Travel Club

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...

Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

atau login di liburan.info dan klik menu submit news.

Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
mira  - minta info biaya   |2009-10-08 06:59:11
temen2 kampus mw ngadain LDKM di cibubur,,
biaya sewa segala macemnya brp ya??
contact person langsung lbh bgus,,
thanks
cepetan ya
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 2 tamu dan 2 anggota online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats