Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home
Java Classic Craft Diincar Wisman PDF Cetak E-mail
(1 vote)
Yogyakarta bukan cuma batik, perak, dan keramik. Masih ada beragam kerajinan tangan lainnya yang sudah memancanegara. Kalau tidak percaya datang saja ke Sentra Kerajinan tangan Java Classic Craft (JCC).

Kerajinan tangan Yogja seperti batik, ukiran kayu, perak dan sebagainya memang sudah dikenal baik oleh wisatawan. Bahkan pemburu souvenir dari mancanegara pun kerap datang ke Yogyakarta untuk memborong aneka kerajinan khas Kota Gudeg ini. Tak heran bila usaha kerajinan di daerah tersebut semakin menjamur dan tak terhitung lagi.

Salah satu usaha kerajinan asal Yogya adalah Java Classic Craft (JCC), yang barang-barangnya sudah terkenal ke mancanegara. Memang JCC banyak kebanjiran order untuk memenuhi permintaan di luar negeri. Menurut salah satu staf pemasarannya, Jusan, bahwa produk yang dibuatnya sangat diminati di Eropa seperti Inggris dan Amerika.

Selama ini produk yang dibuat oleh JCC ini memang untuk diekspor. Sedangkan untuk pemenuhan permintaan dalam negeri JCC belum bisa melakukannya. Menurut Jusan dengan hanya menjual ke luar negeri ini bertujuan agar barangnya tidak menjadi pasaran, dengan demikian kualitasnya tetap terjaga.

Adapun produk yang sangat digemari di mancanegara berupa tas anyaman, tempat majalah, tempat payung, dan box holder lainnya. Disamping itu JCC juga mulai memproduksi hiasan dan pemanis interior ruangan yang terbuat dari kayu, kulit, enceng pandan, dan keramik.

Menurut Jusan, umumnya bentuk atau model dari produknya merupakan pesanan pembeli. "Kami memang tidak menetapkan model tertentu. Kami merancang modelnya sesuai keinginan mereka atau berdasarkan email yang dikirim," jelas Jusan. Setelah itu berdasarkan gambar, dibuatlah sampel produk. Lalu setelah di-approve, barang kemudian bisa diproduksi massal.

JCC biasanya dapat menyelesaikan 300 set barang dalam 45 hari. Untuk bahan baku yang digunakan, JCC memperolehnya dari dalam negeri seperti Tasikmalaya, Lombok, Sumbawa, dan dari Yogya sendiri. Sedangkan untuk harga tergantung dari jumlah pemesanan atau tingkat kesulitan pembuatan.

Untuk memperkenalkan produknya JCC kerap melakukan pameran baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sehingga, bagi perusahaan yang berdiri pada tahun 1990 dan mempekerjakan 500 pengrajin ini. Produknya kini telah mendapat respon yang positif di pasar internasional. Saat ini JCC jugs bisa memenuhi pesanan barang bagi perusahaan untuk dijual kembali.

Alamat JCC :
Jl. Ali Maksum
Krapyak Kulon
Yogyakarta

Alamat Showroom :
Jl. Mangkuyudan 42
Yogyakarta

Sumber: Majalah Travel Club

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...


Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:


Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya


atau login di liburan.info dan klik menu submit news.


Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >
Artikel Liburan Terbaru
  • Pause
  • Previous
  • Next
1/5
Romansa Liburan Berdua Saja Liburan Berdua SajaAda banyak jalan dan cara untuk menghadirkan ambiens romantis dengan pasangan. Yang jelas, pastikan acara berduaan Anda tak cuma sekadar ritual. Bereaksilah dengan spontan, manakala ada waktu luang! Sebagian besar orang berpendapat, butuh waktu khusus untuk bisa merasakan suasana penuh cinta dengan yang terkasih. Ada juga yang beranggapan, romantisme hanyalah milik beberapa kalangan saja. Padahal, Anda pun tahu baha cinta itu ada di mana-mana, tersebar di sekitar kita. Nah, untuk mewujudkannya, cuma satu modal yang diperlukan: kemauan!
Selengkapnya...
               
MedanWEB.com Web Hosting

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 2 tamu online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats