Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Indonesia arrow Jawa - Bali arrow Berburu Barang Seken di Pasar Baru
Berburu Barang Seken di Pasar Baru PDF Cetak E-mail
(26 votes)

Hari itu, hampir separuh hari saya habiskan untuk mengaduk-aduk pasar barang seken di kawasan Pasar Baru ini, tepatnya Pasar Atom. Kebetulan sejak kuliah saya sudah ‘demen’ berburu barang seken, tepatnya baju seken di Cibadak Mal, Bandung. Maklum, anak kos, kocek terbatas. Baju seken tentunya menjadi alternatif yang oke.

Bahkan, saking seringnya saya shopping ke Cimal, temen-temen kos saya, malah meminta saya membelikan baju sesuai dengan pesanan mereka. Harganya boleh saya naikkan sesuka hati. Lumayan, buat nambah uang saku…


Nah, kembali ke Pasar Baru tempat saya menghabiskan waktu sepanjang siang. Begitu menapaki escalator menuju lantai III Pasar Atom ini, aroma barang bekas sudah tercium. Namun masih lebih nyaman ketimbang pasar barang bekas di Senen. Di sini, pembeli masih bisa merasakan dinginnya AC. Pun tidak perlu berpanas-panasan dan berdesak-desakan.

Di area ini berbagai ragam barang seken (kebanyakan baju) ditawarkan dengan harga murah. Sangat murah malah. Baju misalnya, untuk baju-baju yang masih bagus (sortiran istilahnya) biasanya dipajang dengan rapi di deretan gantungan-gantungan baju. Harganya berkisar Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu.

Lalu, untuk baju-baju ‘reject’ karena sobek sedikit, ada satu kancing hilang, terkena noda ditaruh bertumpuk-tumpuk di rak-rak baju di depan toko. Harganya berkisar Rp 10 ribu untuk tiga potong hingga Rp 15 ribu untuk dua potong. Kadang-kadang ada yang seribuan juga per potongnya.

Saya masuk ke salah satu toko milik pak Edy (bukan nama sebenarnya) yang menjual baju renang bekas, dan celana pendek bekas. Di salah satu dinding toko terpajang berbagai model baju renang baik yang two pieces mau pun one piece. Kalau beruntung pembeli bisa mendapatkan merk Elle dengan harga Rp 40 ribu. Sementara di depan toko, terdapat dua rak yang berisi tumpukan celana-celana bekas dengan harga Rp 5.000 per potong. Siang itu hanya terdapat beberapa orang yang mengunjungi tokonya.

“Sepi mbak, soalnya awal puasa. Baru ramai lagi menjelang Lebaran,” tutur lelaki yang telah membuka tokonya sejak tahun 2001. Selain di Pasar Atom, Edy juga mempunyai sejumlah lapak baju bekas di pasar Senen. Dalam sehari rata-rata ia bisa mengantongi Rp 300 hingga Rp 400 ribu.

Sedangkan modal yang dia keluarkan untuk satu bal-nya berkisar Rp 2 juta rupiah.Biasanya dalam satu bal terdapat sekitar 400 potong celana. Dari jumlah itu, sekitar setengahnya yang masih bagus dan bisa dijual dengan harga Rp 20 ribu ke atas. Sisanya, dijual di Senen dengan harga di bawah Rp 5.000 rupiah.

Di toko lain, saya menemukan baju-baju vintage dan kaos-kaos unik. Pemiliknya, Rita tampak sedang sibuk menata kaos-kaos tersebut untuk dijejerkan di gantungan baju yang sekaligus menjadi etalase toko tersebut.

“Baru buka bal ya, Mbak?” tanya saya.

“Iya nih,” jawabnya.

Hmm…Pasti barangnya masih bagus-bagus, pikir saya. Dan, jadilah saya ikut mengaduk-ngaduk baju yang sebagian masih ditaruh di karung tersebut, sampai-sampai dikira penjual juga..(hehehe) Tapi saya puas, karena berhasil mendapatkan beberapa potong kaos dengan harga murah. (Duh, kok jadi belanja..).

Rita menjual baju dengan harga Rp 35 ribu sampai Rp 10 ribu. Sama seperti, untuk satu bal, ia harus merogoh kocek sekitar Rp 2 juta.

Itu baru soal baju. Masih banyak barang-barang yang menarik lainnya di pasar Atom ini. Ada bed cover, gordyn, taplak meja bahkan jam tangan, tas dan sepatu bermerk.

Saya juga singgah ke sebuah gerai yang menjual tas, sepatu, asesorie hingga jam tangan bermerk.Barang-barang milik ibu Ane ini hampir semuanya branded. Sebut saja, Gucci, LV, Ck, Elle, Raymond Weill dan masih banyak lagi.

Uniknya, tidak seperti penjual lainnya, ibu Ane langsung membeli barang-barang seken ini dari para pemilik aslinya di Singapura. Minimal, aku dia, sebulan sekali dirinya pergi ke Negeri Singa itu untuk berkeliling dari satu pemilik ke pemilik barang yang ingin menjual barang-barangnya. Itu sekaligus menjawab pertanyaan saya kenapa begitu banyak baju sari dan asessories India di toko ini.

“Saya beli langsung dari mereka, Mbak, saya keliling sendiri, Jadi barang-barang disini, tidak ada yang palsu,” katanya.

Ibu Ane mematok harga ratusan ribu untuk jam atau tas bermerk. Jam tangan Gucci dan Ck, contohnya, ia tawarkan seharga Rp 450 ribu. Sementara untuk tas, seperti yang saya ceritakan di pembuka tulisan ini, tas LV, dijual seharga Rp 350 ribu. Dalam sebulan rata-rata ia bisa mengantongi Rp 10 juta rupiah.

Tidak terasa, hari sudah menjelang sore dan kaki saya juga sudah mulai pegal-pegal. Sudah cukup rasanya saya shopping hari ini. Di samping itu, kalau lebih lama di sini, saya khawatir dompet saya lebih menipis lagi….

Semoga sajian saya kali ini dapat memberikan informasi yang berguna buat pembaca.So, selamat berburu barang seken..Salam!

Penulis: Angelina Maria Donna
Sumber : Kompas

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...

Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

atau login di liburan.info dan klik menu submit news.

Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
ferry   |2008-03-11 02:24:40
Maaf, cuma nambahin info. Kalau nyari barang seken di Bogor, ada di perumahan Bogor Baru. Nama tokonya Maudrey. Info ini saya dapat dari saudara-saudara saya yang pernah berkunjung ke sana. Kata mereka, barang2nya bagus2 dan murah2 (jadi penasaran nih .. hehehe). Alamatnya lihat aja di websitenya www.maudrey.tk (kalo gak salah ya? :roll. Atau googling aja kalo ternyata keliru :grin )

Semoga bermanfaat
Liburan.Info   |2008-03-11 10:18:10
Silahkan menambah atau merubah informasi yang ada di Liburan.Info, bila berkenan silahkan juga mengirimkan artikel yang sesuai dengan tema liburan anda.

Salam Liburan Indonesia...
mans   |2008-05-05 21:40:07
di batam juga banyak barang-barang seken nih :grin
ulien   |2008-05-28 14:43:25
guys, minta tolong dunk info tentang gantungan baju stainless steel secong untuk toko. thanks yaaa...
Mbak Yu   |2008-05-28 16:12:15
kalo di jakarta, coba cari di jalan ngurah rai, jakarta timur, atau di raden inten, banyak tuh
neng   |2009-08-04 22:50:13
kalo pasar yang jual pakaian bagus2 (kayak FO) tapi untuk jual lagi, biasanya di mana ya? makasi infonya
eni  - seken   |2009-10-28 14:47:47
boleh.. ada info seken atau sharing email ke dasa_ya@ymail.com pengen bisnis baju seken dikampus, modal bareng gmn ya?
Barbesip   |2010-02-02 00:40:25
Say,Pasar Atom itu daerah mana yae?
Jauh ga dari UI Depok?
Maklum...org baru;-)
liburan.Info   |2010-02-02 12:51:02
avatar Di daerah kota, dekar dengan Pasar baru, kalau dari Depok, yah.. relatif jauh, lebih baik naik kereta dan turun di stasiun kota, jadi jalan-jalannya enak.
Anonymous   |2010-02-03 02:44:02
Hehe,,mksh say..
Dkat ps.baru namax stasiun apa?
Btw,dsana ada barang2 slain fashion,ga? Kaya boneka atw alat olahraga gitu..
Barbesip   |2010-02-06 17:27:03
Say! Guwae udh ke Ps.Atom,,
Iya,tempatx lbh nyaman dr Senen.
Brgx murah & kualitasx bgs2.

Makasih yae infox!!^^
liburan.Info   |2010-02-10 20:48:41
avatar selamat belanja yah.....
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 5 tamu online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats