Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home
Tips dan Trick ke Singapura lewat Batam PDF Cetak E-mail
(37 votes)
Sebagian orang memilih berpergian ke Singapore dengan penerbangan langsung ke Singapura, tetapi sebagian lagi memilih lewat Batam. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan fiscal yang hanya Rp. 500.000 saja dibandingkan dengan di Airport yang dua kali lipatnya. Sehingga walaupun penerbangan ke Singapura terbilang murah, tetapi kalo dihitung-hitung dengan fiskalnya maka tetap saja masih mahal !!!

Ini cukup dimengerti, mengingat tiket pesawat Jakarta - Batam sekarang sudah demikian murah hampir semua penerbangan nasional melayani rute ini. anda tinggal memilih jam keberangkatan saja atau check di travel agent anda.


Transportasi di Batam

Sesampai di Batam, anda akan mendarat di bandara Hang Nadim, Batam. Bandara ini cukup besar dengan fasilitas yang cukup lengkap. Perlu diketahui bahwa anda bisa membeli tiket feri ke Singapura di bandara, dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika anda beli di pelabuhan. Anda bisa beli harga feri pulang pergi Batam-Singapura seharga S$13 saja, sedangkan kalau anda beli di pelabuhan, harganya S$15. Dari bandara Hang Nadim, taksi adalah mode transportasi yang terbaik untuk pergi ke pelabuhan. anda tinggal keluar dan naik salah satu taksi yang berjejer di parkiran taksi pas di depan pintu utama bandara. Tidak ada antrian, jadi naik aja taksi yang kosong. Harga-nya pun sudah ditetapkan secara resmi seharga 70 ribu rupiah untuk tujuan pelabuhan Batam Center.


Pelabuhan feri Batam Center

Perlu diketahui bahwa ada beberapa pelabuhan feri di Batam. Pelabuhan yang paling dekat dari bandara adalah Batam Center. Batam Center adalah pelabuhan baru yang menggantikan pelabuhan Batu Ampar yang sudah tua dan tidak layak pakai. Selain Batam Center, juga ada pelabuhan feri di Sekupang yang juga melayani tujuan Singapura, tapi lokasinya lebih jauh dan harga taksinya pun akan pasti lebih mahal.

Segera setelah anda sampai di pelabuhan Batam Center, anda bisa langsung membeli tiket feri di counter resmi perusahaan feri-nya. Ada beberapa perusahaan feri yang melayani tujuan Singapura, tapi saya sarankan untuk menggunakan Berlian Ferries/Wavemaster atau Penguin Ferries, karena kedua perusahaan feri tersebut yang paling banyak melayani rute Batam Center-Singapura (hampir tiap jam pasti ada keberangkatan), dan feri-nya juga lumayan baru.

Harga tiket feri untuk pulang pergi adalah S$15, dan harganya sama untuk semua perusahaan feri. Selain itu juga ada pajak pelabuhan sebesar $S3, tapi saya tidak ingat apakah itu sudah termasuk ke dalam biaya tiket atau tidak. Jika anda membeli tiket pulang-pergi dari Singapura, maka anda harus membayar $S3 pajak ini waktu kembali dari Batam. Siapkan uang dollar Singapura anda, karena harga tiket dalam dollar Singapura ternyata lebih murah dibandingkan harga tiket dalam rupiah.

Pada saat membeli tiket dan booking feri-nya, anda juga harus menyiapkan paspor anda karena petugasnya akan membuat boarding pass sesuai dengan nama anda di paspor. Nama tersebut harus sesuai dan tidak bisa dipindah tangankan. Selain itu, petugas feri juga akan memberikan anda dua kartu imigrasi, yang satu adalah kartu imigrasi Indonesia dan satu lagi adalah kartu imigrasi Singapura, dengan nama anda sudah tercetak disitu.

Setelah urusan tiket selesai, dan anda sudah memastikan tempat sudah di-booking untuk pemberangkatan feri selanjutnya, baru anda harus pergi ke kounter fiskal untuk membayar fiskal. Biaya fiskal ini sebesar 500 ribu rupiah, dan harus dibayar kecuali jika anda adalah pemegang paspor Batam, atau jika anda bermukim di Singapura dan masih punya jatah bebas fiskal. Jika anda mau mengurus bebas fiskal, maka anda mengurusnya di counter yang sama dengan tempat anda membayar fiskal. Counter ini lokasinya agak sedikit di pojok, dan harus agak teliti mencarinya.

Setelah anda membayar fiskal, langkah berikutnya adalah mengurus bagasi anda. Jika anda tidak mau repot-repot membawa koper anda ke feri, anda bisa pergi ke counter bagasi untuk memasukkan koper anda sebagai bagasi. Nanti anda akan mendapatkan tag untuk bagasi anda, mirip seperti di bandara untuk perjalanan menggunakan pesawat terbang. Tapi perlu diketahui, anda tetap harus mengurus bagasi anda nanti pas sudah sampai di Singapura. Ada biaya porter yang harus dibayar sesuai dengan jumlah dan berat bagasi anda.

Setelah urusan bagasi selesai, anda kemudian naik ke lantai dua dan melewati imigrasi. Setelah itu, anda akan turun kembali ke lantai satu dan menunggu di ruang tunggu sampai feri anda dipanggil. Barulah anda naik ke feri, dan petugas akan meminta boarding pass anda sebelum anda naik ke feri.

Harbourfront Ferry Terminal

Perjalanan feri ke Singapura akan memakan waktu sekitar satu jam. Perlu diingat bahwa waktu Singapura itu satu jam lebih cepat dari waktu Batam, jadi misalnya feri yang berangkat dari Batam Center jam 12 siang waktu Batam, akan sampai ke Singapura jam 2 siang waktu Singapura. Feri yang berangkat dari Singapura jam 12 siang waktu Singapura, akan sampai ke Batam Center jam 12 siang juga, tapi waktu Batam.

Sesampainya di Singapura, feri akan berlabuh di terminal feri Harbourfront. Sewaktu keluar dari feri, anda harus membawa barang-barang anda sendiri, melewati imigrasi dan custom. Jika anda datang ke Singapura sebagai turis, gunakan lajur “All Passports” di imigrasi, sedangkan jika anda adalah warga negara Singapura, permanent resident, pemegang employment pass atau work permit di Singapura, gunakan lajur “Singapore Passports” karena lebih cepat.

Transportasi dari Harbourfront Center

Setelah proses imigrasi selesai, pastikan paspor anda sudah di-cap oleh petugas. Setelah anda melewati custom dan barang-barang sudah dicek, baru anda keluar dari terminal feri dan akan langsung masuk ke Harbourfront Center, yang memang satu gedung dengan pelabuhan feri. Harbourfront Center adalah salah satu shopping mall yang megah di Singapura. Di sebelahnya, sedang dibangun VivoCity, pusat entertainment dan belanja yang konon akan lebih megah lagi.

Dari sini, banyak pilihan transportasi umum untuk menuju ke bagian lain di Singapura. Jika anda ingin menggunakan MRT (kereta api), maka anda tinggal jalan terus ke bagian depan mall dan cari eskalator turun ke stasiun MRT di bawah tanah. Jika anda ingin menggunakan taksi, anda bisa langsung ikut antrian taksi yang berlokasi di depan mall. Kalau mau naik bus, anda bisa jalan ke depan mall dan tunggu di bus stop pinggir jalan, atau naik ke lantai dua dan menyeberangi jembatan penyeberangan ke terminal bus Harbourfront di seberang mall.

Untuk tujuan Orchard Road, anda bisa naik MRT dari Harbourfront ke Dhoby Ghaut, yang terletak di Orchard Road bagian timur. Untuk ke bagian barat Orchard Road, tinggal ganti kereta api di Dhoby Ghaut ke Somerset atau Orchard. Atau, anda juga bisa naik bus 65 dari terminal bus Harbourfront langsung ke Orchard Road.

Kembali ke Jakarta via Batam

Untuk kembali dari Singapura ke Jakarta lewat Batam, caranya ya hampir sama. anda harus tiba di Harbourfront Center paling tidak satu jam sebelum keberangkatan feri. Setibanya di Harbourfront, langsung ke bagian pelabuhan di belakang dan naik ke lantai dua. Cari counter feri anda (Berlian atau Penguin) dan book untuk perjalanan feri berikutnya. Disini, anda juga harus menyiapkan paspor untuk petugasnya menerbitkan boarding pass atas nama anda. Anda juga perlu membayar seaport tax sebesar S$10 per orang.

Setelah anda mendapatkan boarding pass, anda bisa mengurus bagasi anda. Berbeda dengan di Batam Center, pengurusan bagasi di Harbourfront adalah gratis sampai berat bagasi tertentu, kalau tidak salah 20 kg per orang. Setelah selesai ngurus bagasi, anda langsung clearing imigrasi, dan langsung turun ke bawah untuk boarding feri.

Sesampainya di Batam, keluar dari feri, anda langsung antri untuk urusan imigrasi. Siapkan paspor dan kartu imigrasi Indonesia yang tinggal sebelah. Setelah urusan imigrasi selesai, dari lobi utama pelabuhan, jalan keluar ke pintu sebelah kiri. Di sebelah kanan, ada counter taksi dan anda bisa memesan taksi dari sana. Tarifnya untuk ke bandara Hang Nadim adalah 60 ribu rupiah. Entah kenapa, biaya taksi dari pelabuhan ke bandara itu 10 ribu lebih murah dibandingkan biaya taksi dari bandara ke pelabuhan.

Sesampainya di bandara Hang Nadim, langsung ke counter airline yang anda gunakan untuk check-in. anda juga harus membayar airport tax sebesar 13 ribu rupiah per orang. Setelah mendapatkan boarding pass, anda bisa langsung ke ruang tunggu untuk naik ke pesawat.

Peta Lokasi :

Salam hangat dari Liburan.Info...


Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:


Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya


Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
siswati   |2007-07-11 13:28:56
Juni 2005 saya pergi tp diurus teman, artikel ini sangat membantu krn lengkap dan jelas
Yudha   |2007-07-12 10:00:20
saya kira artikel ini sangat ok kalau kita jalan-jalan sendirian atau berdua saja, maksudnya orang dewasa, tetapi kalau bawa anak kecil agak repot mungkin kalu harus lewat batam
gadis   |2007-10-13 09:47:08
wah jadi tambah pengetahuan.makasih banget
Julie   |2007-11-01 19:15:05
Wah wah wah, lengkap banget infonya. Kebetulan dalam waktu dekat akan honeymoon ke Batam & Spore bersama suami tercinta. Thanks a lot!
Laras   |2007-11-02 08:17:20
Wah... ada yang mau hoeymoon nih.... :grin
moureen   |2007-11-14 15:51:38
rencananya aq mau ke singapore ada info ini kebantu buanget.thx
Nurma   |2008-02-22 10:36:33
Ini bukannya tulisannya Pak Indra di webnya Minda Indra? kok saya ga baca nama penulisnya disini?
Liburan.Info   |2008-02-22 10:47:59
Kami menerima artikel dari anggota Liburan.Info, karena Liburan.Info adalah komunitas liburan dengan semua anggota yang menjadi authornya.

Selalu kami informasikan perihal penulis, sumber dan lokasinya sehingga tidak mengganggu hak cipta orang lain.

Bila anda mengetahui tentang penulis dan sumbernya, mohon diinformasikan sehingga kami dapat melakukan update.

Salam Liburan Indonesia
faris   |2008-08-17 23:12:56
pak indra mau tanya info liburan ke singapore meninap di mna ya yang murah??????????
lucia   |2008-09-07 04:53:41
sangat membantu. kalo suami kira saya ga brani k spore sendirian, salah besar tuh. krn saya udh tau tips2nya.
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >
Artikel Liburan Terbaru
  • Pause
  • Previous
  • Next
1/5
Romansa Liburan Berdua Saja Liburan Berdua SajaAda banyak jalan dan cara untuk menghadirkan ambiens romantis dengan pasangan. Yang jelas, pastikan acara berduaan Anda tak cuma sekadar ritual. Bereaksilah dengan spontan, manakala ada waktu luang! Sebagian besar orang berpendapat, butuh waktu khusus untuk bisa merasakan suasana penuh cinta dengan yang terkasih. Ada juga yang beranggapan, romantisme hanyalah milik beberapa kalangan saja. Padahal, Anda pun tahu baha cinta itu ada di mana-mana, tersebar di sekitar kita. Nah, untuk mewujudkannya, cuma satu modal yang diperlukan: kemauan!
Selengkapnya...
               
MedanWEB.com Web Hosting

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats