Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Kuliner arrow Wisata Kuliner arrow Mak Uneh, Rasa Bandung Tempo Doeloe
Mak Uneh, Rasa Bandung Tempo Doeloe PDF Cetak E-mail
(1 vote)
Pesona Bandung menyedot warga di kota sekitarnya untuk datang ke sana. Daya tariknya tak lain adalah belanja, entah belanja pakaian untuk memanjakan penampilan atau belanja makanan demi memanjakan lidah.
Seperti Jakarta, warisan kuliner di Kota Kembang itu juga berderet. Ada yang masih bertahan, ada yang makin berkembang, tapi ada pula yang sudah tutup warung. Bicara soal kuliner, tentu makanan yang langsung teringat dan seringkali ngangeni karena tidak membosankan - malah membangkitkan selera - tak lain adalah menu khas Sunda.

Apalagi kalau bukan berbagai macam pepes, gurame dan ikan mas goreng, jambal, leunca, berbagai rupa sambal, sayur asem, dan masih sederet jenis makanan lainnya. Salah satu warung yang sudah puluhan tahun menjual makanan khas Sunda adalah Warung Mak Uneh.

Almarhumah Mak Uneh memulai usahanya di sebuah gang sempit di seputaran Jalan Pajajaran. Kini sudah generasi ketiga dan keempat yang mengelola usaha tersebut. Generasi ketiga mengelola warung asli di Gang Terasana. Gang ini persis berada di samping rumah sakit bersalin. Patokannya, setelah Stadion Pajajaran ambillah lajur paling kiri. Persis sebelum rumah sakit bersalin ada gang, dan di dalam gang itulah warung Mak Uneh berada.

Mobil pengunjung warung biasanya diparkir di sepanjang gang ini, juga di pinggir Jalan Pajajaran. Dari sana calon pembeli harus berjalan kaki masuk ke gang yang lebih kecil lagi. Warung ada di sisi kiri gang yang makin menyempit. Begitu masuk warung ini kesannya memang seperti warung biasa. Namun jumlah kursi yang disediakan tak seperti warung. Meja kursi tersedia hingga ke dalam.

"Ini memang warung dari dulu, hanya diperbaiki dan diperluas," kata salah satu karyawan warung. Menurut salah satu karyawati di sini, menu yang banyak diburu pelanggan adalah aneka jeroan, seperti babat, paru, usus, dan limpa.

Namun variasi pepes pun tetap dikejar. Menu khas warung ini adalah haremis, yaitu kerang air tawar yang ukurannya sangat kecil. Kerang ini dimasak bumbu kuning. Rasanya gurih dan tidak amis.

Anda harus menukar selembar uang Rp 10.000 untuk semangkuk kecil haremis. Pepes nasi ikan asin pantas dicoba. Dengan Rp 10.000 kita bisa menelusuri cita rasa pepes nasi berisi sepotong kecil jambal roti, petai, dan telur ayam kampung rebus ini. Telur ayam kampung dibelah jadi dua. Tak ada rasa amis.

Nasinya saja sudah terasa gurih akibat dicampur semua lauk tadi. Buat yang suka ayam, di sini juga dijual ayam kampung goreng. Tentu saja cita rasa ayam kampungnya tak perlu diragukan lagi.

Gurame goreng di sini cukup untuk makan bertiga. Gurame itu sudah dipotong di bagian kepala dan ekor hingga tersisi bagian tengah atau daging saja. Selain gurih dan renyah, sepotong gurame yang dipatok Rp 50.000 itu berdaging sangat tebal. Secuil daging gurame dicocol sambal mangga atau sambal dadak baru masukkan ke dalam mulut, biarkan saraf-saraf di dalam mulut yang menilai.

Jika tak tahan melihat udang goreng berukuran cukup besar, coba saja! Tak ada ruginya. Meski seporsi berisi tiga udang goreng dibanderol Rp 60.000, tapi soal rasa jangan ditanya. Plus sambal mangga sebagai temannya, rasanya sepadan. Ulukuteuk leunca, sate bandeng juga siap dinikmati.

Ulukuteuk leunca adalah leunca yang dimasak dengan cabai dan oncom. Leunca bulat kecil yang terasa pahit bergabung dengan oncom yang berasa pedas menyajikan rasa khas Sunda yang sebenar-benarnya. Warung Mak Uneh di Jalan Pajajaran ini buka Sabtu sampai Kamis, dan tutup pada hari Jumat. Sejak pukul 07.00 warung ini sudah menyediakan sarapan warga Bandung, dan akan berakhir pukul 16.00.

Sementara itu restoran Mak Uneh di Jalan Setiabudi (seberang NHI) buka setiap hari mulai pukul 11.00- sampai sekitar pukul 19.00. Resto ini dikelola generasi keempat Mak Uneh.

Sumber : Warta Kota
Penulis : Pradaningrum Mijarto

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...


Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:


Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya


Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
doni  - Mak Uneh, Rasa Bandung Tempo Doeloe paling top dah   |2009-03-03 22:42:26
info nii memang sangat buat kami para penggila masakan2 bandung... thanksss salam kenal
Deni  - Salam dari Karawang   |2009-07-28 17:36:00
web yg menarik

salam dari Karawang
WAhyu agustian   |2009-10-31 21:20:03
knpa gitoh
bambang P  - makanan resep Belanda   |2010-03-30 12:46:35
Kayaknya tinggalan resep Belanda asli tinggal Klapentart aja deh yang asli ada di sekitar Jl Lembong tuh.....Lainnya mah masakan tiruan yang nggak bener. man tuh resep asli roti Verkade kok nggak ada yang nerusin.Juga risjtafel kok nggak ada resto/kafe yang mau nerusin... Resep yang asli masih ada di Bandung lho di sekitar Braga dan Asia Afrika tuh.....
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 2 tamu online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats