Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Indonesia arrow Jawa - Bali arrow Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria PDF Cetak E-mail
(23 votes)
Perlahan namun pasti matahari mulai menampakkan diri. Sinarnya mengiringi langkah nelayan yang bergegas menuju perahu untuk melaut. Hembusan angin dan deburan ombak melengkapi sabda alam Pantai Teleng. Semua itu, merupakan anugerah yang apabila digarap dengan baik akan mendatangkan wisatawan.


Pantai Teleng Ria merupakan lautan yang menjorok ke darat atau biasa disebut teluk. Pantainya diapit oleh dua dataran tinggi yang merupakan bagian dari pegunungan kapur Selatan yang membujur dari Gunung Kidul ke Trenggalek, menghadap Samudera Indonesia. Kendati pantai ini disinari matahari yang terik, namun udaranya masih terasa sejuk layaknya hembusan angin pegunungan.

Meskipun merupakan pantai selatan, namun ombak di Pantai Teleng Ria relatif kecil, ini cukup bagus bagi para pecinta olahraga surfing, khususnya mereka yang masih dalam kategori pemula. Antara bulan Juni - Agustus pantai Teleng Ria menjadi tempat migrasi kelompok ubur-ubur. "Biasanya pada bulan Juni - Agustus banyak ubur-ubur yang berwarna ungu muncul di pantai ini," ungkap Hamdoko Kordinator Baywacth (penjaga pantai) Teleng Ria.

Hari mulai merambat menjelang siang. Dari kejauhan mulai nampak pengunjung yang datang. Ada yang berkelompok menggunakan sepeda motor, banyak juga yang datang dengan mobil pribadi, bahkan ada rombongan yang menggunakan bus dan truk.

Kunjungan Travel Club (TC) ke pantai Teleng Ria kali ini kebetulan masih dalam suasana Idul Fitri. Seperti tempat wisata kebanyakan, pada moment liburan Idul Fitri selalu menjadi tujuan banyak orang untuk berwisata. Tak terkecuali pantai Teleng Ria. Namun ada yang berbeda pada suasana liburan di Teleng Ria kali ini, jumlah pengunjung yang datang kali ini jauh lebih ramai dibandingkan tahun sebelumnya.

Pihak pengelola Teleng Ria yang kini dipegang PT.EL JOHN Tirta Emas Pariwisata mengundang artis ibukota New Trio Macan untuk menghibur pengunjung. Alhasil jumlah pengunjung yang datang ke Teleng Ria pun membludak. Pengunjung yang datang tak hanya warga Pacitan namun banyak dari daerah lain seperti Yogyakarta, Madiun dan kota lainnya.

"Pengunjung yang datang ke Teleng Ria tahun ini jauh lebih ramai dari sebelumnya. Tahun kemarin banyak pedagang yang hanya membawa uang cuma Rp 50.000, tapi sekarang pendapatan merata semua kebagian hasil yang lebih banyak," ujar Ibu Hasyim yang berjualan makanan dan minuman ringan di sekitar pantai. Hal senada juga disampaikan Hadi Purwanto yang berprofesi sebagai kusir dokar, pengunjung yang menyewa dokarnya unutk berkeliling pantai lebih banyak dari tahun sebelumnya. "Pengunjung yang sewa dokar lebih banyak dari tahun kemarin, saya hampir ndak bisa istirahat," ujar Purwanto dengan logat Jawa yang kental.

Semenjak 15 September 2008, pengelolaan pantai Teleng Ria resmi diserahkan kepada pihak PT.EL JOHN Tirta Emas Pariwisata. Diharapkan ke depan setelah dikelola oleh pihak swasta, Pantai Teleng Ria bisa lebih baik dan mampu memberikan kontribusi
positif bagi pendapatan Pacitan dari sektor pariwisata.

PT. EL JOHN Tirta Mas Wisata merupakan investor yang telah berpengalaman mengelola obyek wisata dan memiliki jaringan internasional seperti industri wisata di Bangka-Belitung, Jakarta, Bali dan beberapa kota wisata lainnya di Indonesia.

Kedepan dibawah pengelolaan EL JOHN, Pantai Teleng Ria akan dibuat menjadi sebuah taman liburan keluarga yang nyaman dan aman. "Teleng Ria ini konsepnya akan kita buat Taman Hiburan Keluarga," ungkap Ardyono Vice President PT. EL JOHN Indonesia yang biasa disapa Ardy.

Untuk mempercantik diri, beberapa fasilitas yang sudah ada akan dipugar. Selain itu juga akan ada penambahan fasilitas di sekitar Pantai Teleng Ria seperti plaza seni, plaza anak untuk bermain, dan plaza kuliner. "Kita akan buat arena permainan anak yang sifatnya edukatif dan membuat anak kreatif," jelas Ardy.

Pengembangan dan pembangunan kawasan pantai Teleng Ria juga akan menggandeng masyarakat Pacitan, khususnya yang tinggal disekitar Pantai Teleng Ria "Kita juga ingin mereka masyarakat juga merasakan manfaat positif dari tempat yang kita kelola, dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambah Ardy.

Salah satu bentuk nyata dari merangkul masyarakat sekitar adalah El JOHN akan menggandeng nelayan untuk mendapatkan keuntungan dengan menyewakan perahunya kepada pengunjung Teleng Ria. "Pada musim musim tertentu kan nelayan tidak melaut kita beri mereka kesempatan menyewakan perahunya dengan pembagian hasil 70 persen untuk nelayan dan 30 persen masuk ke pihak pengelola," ujar Ardy lagi.

Surganya Surfer Asing

Meskipun karakter ombaknya yang tidak besar, namun Pantai Teleng Ria cukup representatif untuk melakukan surfing. Karakter ombak yang tidak besar membuat pantai ini cocok untuk para surfer pemula. "Banyak orang yang ingin belajar surfing datang ke pantai ini, seperti dari Semarang dan kota lain dekat Pacitan," jelas Choirul pengurus Pacitan Surfing Club.

Pantai Teleng Ria juga menjadi salah satu tempat favorit bagi para turis mancanegara yang ingin menikmati wisata pantai. "Walau pun belum terlalu banyak, tapi wisatawan asing juga ada yang datang ke sini, mereka senang karena disini tidak terlalu ramai," Ungkap Choirul lagi.

Belum ramainya aktivitas surfing di Pantai Teleng Ria membuat pantai ini menjadi alasan para surfer asing berselancar di sini. "Kalau surfer asing senang ke sini karena mereka tidak perlu rebutan ombak dengan surfer lainnya," jelas Choirul lagi.

Daya tarik lain mengapa banyak para surfer asing memilih Teleng Ria adalah karena suasana pantainya yang relatif masih sepi. "Turis asing yang surfing di sini biasanya dari Australia dan Swiss. Mereka senang ke sini karena suasanya masih sepi, tidak seramai pantai pantai di Bali".

Melihat kelengkapan alam dan fasilitas yang akan dibangun, kiranya Pantai Teleng Ria siap menjadi destinasi pantai primadona baru.

Tips Perjalanan

Pantai Teleng Ria berada di Kabupaten Pacitan, sekitar 3 Km dari pusat kota. Hanya butuh waktu 10 menit mencapai Pantai Teleng Ria dari Alun-alun kota. Kabupaten Pacitan terletak di Pantai Selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, sehingga untuk mencapai Pantai Teleng Ria akan lebih cepat jika melalui Yogyakarta. Hanya butuh waktu 3 jam perjalanan. Akses jalan dari Yogyakarta menuju Pacitan pun sangat baik meski ruas jalannya tidak terlalu lebar.

Jika berangkat dari Yogyakarta hanya butuh waktu 3 jam perjalanan untuk mencapai pantai ini dengan menggunakan travel jurusan Jogjakarta-Pacitan. Tarifnya berkisar antara Rp 40.000 - Rp 50.000. Pilihan lain menggunakan bus turun dari Terminal Pacitan dengan ongkos Rp 12.000 per orang lalu dilanjutkan naik angkot jurusan Prengkuku dengan tarif Rp 2.000 per orang.

Sumber: Majalah Travel Club

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...


Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:


Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya


Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
Karina  - LANJUTKAN.............   |2010-01-10 13:58:21
Jadikan Kota Pacitan sebagai Visit 2011!!!!
Lanjutkan..
chenny  - teleng ria   |2010-02-09 09:31:26
Teleng ria... I'm Coming
wirotaman   |2011-07-16 02:04:41
avatar salut buat situs ini. kenapa ya kok pihak pemerintahan pacitan tidak berupaya membuat website seperti ini. Saya semula ingin mencari info pantai teleng ria, langsung ke website pamerintah pacitan tapi kurang, sangat banyak yang kurang. lebih lengkap di sini
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 2 anggota online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats