Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Indonesia arrow Sumatera arrow Bumi Kedaton
Bumi Kedaton PDF Cetak E-mail
(5 votes)
Menarik ketika kita berwisata ke Kota Lampung, dari mulai wisata pantai, wisata kuliner sampai dengan wisata pegunungan semuanya ada disini. Salah satunya adalah Taman Wisata Bumi Kedaton – Batu Putuk, sebuah konsep perkampungan hijau dengan panorama perbukitan.
Kawasan ini dari dulu sampai sekarang sangat terkenal sebagai penghasil buah-buahan segar seperti durian, manggis, duku, pisang dan palawija. Terletak di ketinggian antara 700 m sampai dengan 900 m di atas permukaan air laut menjadikan daerah ini sebagai tempat yang berhawa sejuk sehingga berbagai jenis tanaman dapat tumbuh disini. Yang paling terkenal dari daerah ini adalah duriannya. Kalau sedang musim durian jangan Tanya, sepanjang jalan dari dan menuju Batu Putuk akan dipenuhi oleh para penjual durian.

Termasuk Lokasi Taman Wisata Bumi Kedaton dimana sebagian lahannya adalah bekas area tumbuhnya pohon durian. Bahkan sampai sekarang di pinggiran tempat wisata ini, masih bisa kita lihat puluhan pohon durian yang masih berdiri tegak. Kebetulan waktu kami berkunjung kesana musim durian baru saja selesai, sehingga hanya menemukan pohon durian tanpa buah yang melekat di pohonnya. Sengaja kami berkeliling dulu untuk menikmati hijaunya dan segarnya hawa pegunungan di Batu Putuk sebelum akhirnya menuju Bumi Kedaton.

Pembangunan tempat wisata ini tentunya tak hanya didasari atas lokasi yang berada di pegunungan, namun jarak tempuh yang kurang lebih hanya duapuluh menit dari Kota Lampung tentu merupakan petimbangan lain yang lebih signifikan didirikannya Bumi Kedaton di dareah ini. Tak salah kalau tempat ini menjadi salah satu daya pikat para wisatawan yang berkunjung ke Kota Lampung. Di tempat ini tersedia fasilitas rekreasi keluarga, rumah khas Lampung bertiang, cottage dengan panorama lembah dan perbukitan yang cocok untuk santai keluarga, pertemuan-pertemuan kecil yang berorientasi alam ( outbond ) dan lain-lain.
       
Lahan kemah di bagian utara di sisi sungai yang mengalir berasal dari lereng Gunung Betung, semakin menambah pesona tempat ini. Arena atraksi gajah tersedia bagi pengunjung berikut paket naik gajah di seputar lokasi dengan pawang gajah yang siap melayani para pengunjung. Masih ada aktifitas berkuda, naik kereta kuda, jembatan gantung sampai dengan mandi di kali yang berair jernih dan atraksi-atraksi lainnya yang menyenangkan.

Koleksi wisata lainnya seperti koleksi satwa, kolam buaya dan tanaman langka secara bertahap juga melengkapi taman wisata ini dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan kekayaan fauna Nusantara, khususnya untuk daerah Sumatera. Kolam renang, kolam pemancingan sampai dengan food stall dan ikan bakar semakin menampakkan visi Bumi Kedaton ke depan sebagai one stop shopping antara wisata, bermain dan sekaligus tempat meeting.

Masih satu jalur perjalanan dari Kota Lampung menuju Bumi Kedaton, Jangan lupa mampir ke jalan Teluk Betung yang terkenal sebagai salah satu sentra pusat oleh-oleh jajan khas Lampung. Yang tak dapat dipisahkan dari Lampung adalah kripik pisangnya, yang sudah terkenal di dimana-mana. Selain kripik pisang masih ada dodol lampung, kripik singkong, sambal udang dan masih banyak lagi jajan khas Lampung yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Jangan lupa bagi anda yang berkunjung ke Kota Lampung mampirlahke semua tempat menarik yang ada dari wisata pantai, wisata pegunungan sampai dengan wisata kuliner.

Penulis: AMGD
Lokasi: Batu Putuk, Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung
Fotografer: AMGD
Sumber : Navigasi.Net

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...

Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

Salam Liburan Indonesia...
Comments
Search RSS
ferli  - kesan2   |2009-04-24 19:22:19
menurut saya..
tempat ini biasa saja
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 2 tamu online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats