Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Indonesia arrow Sumatera arrow Pesona Hening Pantai-pantai Beltim
Pesona Hening Pantai-pantai Beltim PDF Cetak E-mail
(9 votes)
Sejak ditetapkan sebagai kabupaten 5 tahun lalu, Belitung Timur (Beltim) dengan Manggar sebagai ibukotanya, tidak bisa 'diam' berbenah diri di segala bidang termasuk pariwisata. Sebagai daerah yang memiliki obyek wisata yang terbilang lengkap terutama wisata baharinya, tepatlah bila Pemkab merasa pariwisata bisa menjadi andalan untuk mengangkat citra Beltim.

Beltim memiliki potensi pariwisata yang beragam, meliputi wisata bahari, alam, sejarah, budaya serta masih banyak lagi yang menjadi ciri khas Beltim. Khusus untuk wisata bahari, di sini wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang indah, lembutnya pasir putih, dan suara ombak sambil merasakan hangatnya sinar matahari. Didukung oleh susana yang jauh dari hiruk pikuk kota. Perasaan itu juga yang dirasakan Travel Club (TC) saat menikmati wisata bahari di Beltim.

Untuk menikmati wisata bahari, TC harus menyusuri jalan dengan mobil sewaan. Maklum angkutan umum di sini sangat jarang, bahkan sepanjang jalan pun mobil pribadi hanya terlihat sesekali. Namun demikian sarana jalan di Beltim sudah beraspal mulus sehingga memudahkan untuk mencapai obyek-obyek wisatanya. Inilah yang membuat TC merasa yakin beberapa tahun kedepan kondisi pariwisata di Beltim khususnya wisata bahari bisa berkembang pesat.

Kelebihan pantai-pantai di Beltim selain menawarkan keindahan alami, juga mampu memberikan ketenangan kepada siapapun yang datang. Bila ingin lebih dari sekadar bersantai, wisatawan dapat melakukan aktivitas bahari seperti memancing, berenang, dan mengunjungi pulau-pulau kecilnya.

 Pantai Punai misalnya, merupakan pantai yang terletak paling ujung di Selatan Pulau Belitung. Letaknya sekitar 18 Km dari Kecamatan Dendang atau sekitar 1,5 jam perjalanan (100 Km) dari Bandara H. AS Hanandjoeddin atau Pelabuhan di Tanjung Pandan. Ketika sampai di Pantai Punai wisatawan langsung bisa melihat pemandangan berupa pasir putih dihiasi susunan bebatuan granit dan deretan pohon kelapa di sepanjang pesisirnya.

Ombaknya tenang dengan warna gradasi laut biru kehijauan hingga mencuatkan kesan damai dan tenang bagi siapapun yang memandangnya. Ketenangan di Pantai Punai bisa dinikmati selain hari libur. Karakter pantai yang tenang sangat cocok untuk memancing, berenang, dan snorkeling. Di hari libur pun wisatawan bisa tetap merasakan ketenangan, karena pantai ini tergolong luas, jadi wisatawan bisa memilih tempat yang dianggap lebih tenang.

Di depan pantai ini ada pulau kecil bernama Pulau Punai. Jika air laut sedang surut wisatawan bisa berjalan kaki ke pulau yang dulu menjadi tempat transit Burung Punai. Berdasarkan pemantauan TC, Pantai Punai merupakan salah satu pantai yang terbaik di Beltim.

Nyiur Melambai

Pantai lain yang juga sangat diminati wisatawan adalah Pantai Nyiur Melambai. Pantai ini memiliki garis pantai yang memanjang. Pantai ini tidak dihiasi bebatuan granit. Hanya ada deretan pohon kelapa dan cemara. Yang tidak berbeda adalah banyak perahu nelayan yang bersandar. Ombaknya tenang dan pasirnya lembut.

Di pantai ini kerap diadakan berbagai kegiatan seperti lomba perahu tradisional, voli pantai, lomba membuat kerajinan, dan sebagainya. Pantai yang selalu menawarkan ketenangan kecuali pada hari libur ini berada di Kecamatan Manggar atau sekitar 90 Km dari Tanjung Pandan, Belitung. Di sini wisatawan bisa benar-benar bersantai atau melakukan aktivitas seperti memancing, berenang, dan olahraga air lainnya.

Karakter pantai yang hampir mirip dengan Punai adalah Pantai Bukit Batu. Sesuai namanya, di pantai ini wisatawan disuguhkan pemandangan berupa perbukitan dan bebatuan granit yang besar di sepanjang pantainya. Pasir pantainya yang putih dan lembut, udaranya pun sejuk. Para pengunjung yang ingin bersantai sambil memandangi laut dapat duduk-duduk di bawah pohon atau di dalam kafe.

Terbaginya beberapa kawasan pantai oleh kumpulan batu-batu granit membuat pengunjung dapat memilih bagian pantai yang terlindung dan memiliki semacam privasi tersendiri. Dari sisi bukit, pemandangan ke arah laut terlihat sangat jelas. Perubahan warna air akibat beda kedalaman laut mulai dari biru muda kehijauan ke biru tua. Atau sebentuk lingkaran berwarna coklat karena ada terumbu karang, dapat dilihat dengan mata telanjang.

Tips Perjalanan

Penerbangan ke Belitung (Tanjung Pandan) dari Jakarta hanya dua kali dalam sehari. Untuk berwisata bahari di Beltim wisatawan lebih baik menyewa mobil karena angkutan umum dalam sehari hanya lewat 2 kali. Atau bisa menggunakan paket wisata yang ditawarkan oleh biro perjalanan.

Untuk menikmati watersport bisa mengunjungi Bandoeng River di Kecamatan Manggar. Ini merupakan tempat satu-satunya di Beltim yang memiliki fasilitas watersport modern seperti jet ski, banana boat, water ski, speed boat, dan sebagainya. Atau bisa datang ke bendungan bersejarah dengan panorama indah yang bernama Pice di daerah Gantung untuk sekadar memancing dengan perahu atau menikmati sunset.

Tapi bagi pengagum bawah laut, Pulau Memperak bisa menjadi pilihan wisatawan untuk diving atau snorkeling. Untuk kembali ke Jakarta wisatawan disarankan memesan mobil jemputan ke Bandara (Tanjung Pandan) sehari sebelumnya.

Sumber: Majalah Travel Club
Foto : Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

Peta Lokasi :
Comments
Search RSS
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 2 tamu online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats