Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Internasional arrow Asia arrow Geliat Johor Bahru
Geliat Johor Bahru PDF Cetak E-mail
(5 votes)
Bukan hanya Kuala Lumpur atau Penang, masih ada Johor Bahru yang sebentar lagi akan membuka tangannya lebar-lebar untuk para wisatawan. Malaysia memang terbilang cukup gencar untuk menyerukun kemajuan di bidang ekonomi maupun pariwisata. Dan Johor Bahru, sebagai kota kedua terbesar di Malaysia, saat ini juga tengah bersiap dengan serangkaian megaproyek untuk menyusul perkembangan saudara kandungnya yang sudah lebih populer, yaitu Kuala Lumpur dan Penang.

Sejengkal dari Singapura

Penasaran ingin traveling ke luar negeri tapi tidak ingin jauh-jauh dari Indonesia? Cobalah kunjungi Johor Bahru. Kalau ditelusuri dari sejarahnya, ternyata Johor Bahru memiliki tali persaudaraan yang cukup erat dengan Indonesia. Dan saat ini, peluang bisnis di Johor Bahru pun semakin prospektif. Inilah yang menjadi salah satu alasan AirAsia membuka rute baru Palembang-Johor Bahru akhir Agustus lalu. Menyusul rute baru Jakarta-Johor Bahru yang dibuka akhir September lalu. Peresmian rute baru ini dilakukan oleh Dato' Haji Abdul Ghani bin Othman selaku Chief Minister Johor dan Dato' Tony Fernandes selaku Group Chief Executive Officer AirAsia.

Sebagai satu-satunya Low Cost Airline di Indonesia yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan penerbangan murah namun berkualitas, AirAsia tidak tanggung-tanggung memberikan harga promo sangat “miring” untuk rute Palembang-Johor, mulai dari Rp. 29.999.-! Jarak tempuh untuk mencapai Bandara Internasional Senai di Johor dari Palembang pun terhitung cukup singkat, kurang dari satu jam lamanya. Dari sini Anda bisa langsung menuju pusat kota Johor dengan mengendarai bis maupun taksi.

Saat ini, berbagai fasilitas hiburan pun tengah disiapkan. Selain sudah memiliki beberapa objek wisata, rencananya juga akan dibangun sirkuit rally taraf internasional dan Disneyland! Menurut Dato' Tony Fernandes, pembukaan rute baru AirAsia ini juga diharapkan bisa menjadi sarana penghubune selatan Malaysia.

Rencananya, pusat AirAsia di Johor Bahru akan melayani 84 penerbangan setiap minggunya. Mulai dari Johor Bahru ke Kuala Lumpur, Penang, Kota Kinabalu, Kuching, Miri, Sibu, Tawau, Sandakan, Palembang, Jakarta dan Macau.

Nilai plus lainnya yang dimiliki kota ini juga karena letaknya yang hanya "sejengkal" dari Singapura! Bila ingin menyeberang ke Singapura dari Johor dengan menggunakan express bus ditambah pemeriksaan imigrasi, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Ongkosnya pun sangat murah, sekitar RM 3,5! Untuk penginapan, hotel-hotel berbintang di Johor pun menawarkan harga yang lebih murah dibanding hotel-hotel di Singapura. Tidak heran bila Johor Bahru juga diproyeksikan menjadi kota transit bagi para turis yang ingin berkunjung ke Singapura. Wah... kabar menarik bagi Anda para shopaholic, bukan?

Dari Istana Sampai Teh Tarik

Saat ini, Johor Bahru memang masih terlihat seperti sebuah kota kecil di daerah pinggiran yang baru "menggeliat". Terlihat dari beberapa pembangunan di sepanjang jalan. Objek wisata yang bisa dinikmati di Johor sendiri memang belum begitu banyak. Tapi untuk sebuah perjalanan singkat, Anda bisa mengunjungi Royal Palace, istana Sultan yang memajang berbagai koleksi cenderamata kenegaraan, misalnya kursi kristal yang hanya ada satu-satunya di dunia. Sayangnya, di sini Anda dilarang untuk memotret.

Tempat lain yang bisa dikunjungi adalah Mesjid Abu Bakar. Kubah mesjid ini memang cukup unik, mirip seperti Mesjid Raya di Medan. Meskipun bangunan dalamnya terlihat sederhana, dulunya proses pembangunan atap mesjid ini menggunakan putih telur sebagai salah satu bahan plester, mirip seperti Mesjid Agung Penyengat yang ada di Tanjung Pinang. Selain itu, mimbar berukir yang berada di bagian depan mesjid, terlihat unik karena langsung didatangkan dari Turki.

Untuk urusan makanan, Anda tidak perlu khawatir karena cita rasa Melayu masih mendominasi, meski banyak juga yang sudah bercampur dengan cita rasa India dan Cina. Anda bisa mencoba Nasi Lemak (di Indonesia beken disebut Nasi Uduk), Roti Canai dan Roti Tissue dengan bumbu kari, Laksa Johor, Ikan Pari Asam Pedas atau Sop Ekor Lembu Goreng lengkap dengan kuahnya. Dan tentu saja tidak boleh ketinggalan menyeruput segelas minuman khas Malaysia, yaitu Teh Tarik yang manis dan nikmat sebagai penutup perjalanan singkat Anda ke Johor Bahru.

Sumber: Majalah Tamasya

Peta Lokasi :
Comments
Search RSS
miftahol arifin   |2008-09-14 17:04:45
Bapak ibu dan 4 adik saya lahir dan menetap di Jl. Kubur. informasi ini bagus, asal petugas imigrasi malaysia tidak berlaku curang (pungli), yang saya tau setia warga asing hususnya warga Indonesia yang masuk malaysia harus membayar (garansi/gerenty) 200 ringgit.
Ronald   |2008-09-15 08:26:39
Nggak juga kok, beberapa waktu yang lalu saya ke Johor dan nggak ada pungli tuh. Tapi jadi orang Indonesia di Malaysia memang selalu dicurigai dimana-mana :grin
farida   |2009-05-25 10:50:31
ehmm...so, tempat apa nih yang bagus buat dikunjungi di johor baru?? mumpung ada penerbingan langsung surabaya - johor baru nih dari air asia....
Ilman   |2009-07-28 11:46:22
Farida : Di Johor banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi. Mulai di sekitar kota tepatnya di pinggir Tambak Johor banyak tempat yang bisa dikunjungi, baik tempat2 bersejarah maupun kuliner. Kemudian kalau keluar Johornya bisa ke Air Terjun Kota Tinggi, Desaru, Pulai, Mersing, Pontian atau Gunung Ledang. Banyak sebenarnya yang bisa dikunjungi. Pantai Desaru bagus juga lautnya tenang dan bersih.
nina nathalia   |2009-10-20 18:35:33
I would like to know how far from changi airport to johor bahru. If I take taxi how much does it cost. tq
liburan.Info   |2009-10-21 08:16:04
avatar Kalau ke perbatasan Singapore - Malaysia sekitar 15 menit, atau 20 Km, ongkos taksinya sekitar 20 Sing dolar.

Salam Liburan Indonesia...
afebri   |2009-10-29 20:10:15
salam,
mohon informasi..karena saya sedang di singapore, maka saya ingin mencoba ke JB juga, tapi saya hanya punya waktu 1 hari (pulang pergi). ada usul tempat menarik mana saja yang bisa saya kunjungi?

terima kasih
mimi   |2009-12-26 14:16:47
saya akan tiba di senai international airport Johor baru tgl 30 des sekitar jam 4..bisa kasih rekomendasi tempat penginapan murah & tempat wisata apa yg bisa dikunjungi si sana karena tgl 31 saya akan berwisata ke singapore....thanks
liburan.Info   |2009-12-29 09:00:03
avatar banyak kok tempat-tempat yang bisa dikunjungi di johor, cuma memang agak jauh-jauh tempatnya.
Andi Faisal Amin   |2010-04-27 15:54:51
salam....
saya dan teman2 rencana ke johor bahru tanggal 04/06/10. mohon info mobil/bus yang bisa disewa dari bandara LCCT ke Johor Bahru untuk 21 orang.
thanks.
liburan.Info   |2010-04-30 18:27:54
avatar Mau ke Johor Baru dari mana nih ? dari KL ato Sing ?
novita  - pekerja   |2010-04-29 14:47:16
salam,

aku mau tanya kalau mau travelling ke JB dari Singapore lewat jalan darat berapa lama? naik apa? dan berapa biayanya?

terima kasih,
liburan.Info   |2010-04-30 18:29:20
avatar Singapore ke JB naik taksi saja, kalau dari Orchad sekitar Sing $ 30, cuma nyebrang jembatan aja kok udah sampai ke Johor Baru
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 1 tamu online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats