Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Indonesia arrow Jawa - Bali arrow Pelabuhan Ratu, Pesona yang Terlupakan
Pelabuhan Ratu, Pesona yang Terlupakan PDF Cetak E-mail
(90 votes)
Makna ombak dan gelombang laut mungkin tak pernah sama di mata orang. Pemandangan pantai dan laut lepas yang bergelombang yang menghasilkan alunan suara yang khas selalu saja membuat orang yang menikmatinya terlena. Kekaguman, penasaran bahkan rasa takut berbaur menjadi satu ketika sapuan ombak laut menghampiri dan menerpa kaki serta tubuh kita.
Bagi para turis ombak justru menjadi sahabat yang selalu di tunggu kedatangannya, makin besar dan tinggi ombak makin bersemangat sang pelancar menikmatinya, entah apa yang ada di hatinya ketika ia berdiri tepat diatas gelombang lautan yang bergemuruh seakan berlomba mencapai tepian.

Panorama pantai ternyata bisa jadi obat yang mujarab bagi kita setelah sekian waktu selalu dilingkupi rutinitas yang bisa membuat kita jenuh, suntuk bahkan depresi. Wisata pantai juga bisa kita dapatkan dengan harga yang relative murah, dengan berbagai kegiatan yang bisa kita nikmati, berenang misalnya.

Salah satu pantai yang layak kita kunjungi adalah pantai Pelabuhan Ratu. Selain indah, pantai yang terletak sekitar 4 jam perjalanan darat dari Kota Hujan Bogor ini memiliki berbagai kelebihan di banding pantai lainnya di Indonesia.

Pantai pelabuhan ratu merupakan pantai yang memiliki keindahan panorama yang khas. Perpaduan antara pantai yang curam, pantai landai, karang terjal yang dilatar belakangi cagar alam hutan dan gunung serta sungai yang aliran derasnya dapat digunakan untuk arena arung jeram.

Di sekitar Pantai Pelabuhan Ratu, paling tidak ada sembilan titik lokasi main surfing. Dari Batu Guram, Karang Sari, Samudra Beach, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh dan Ujung Genteng. Di bulan-bulan tertentu antara Mei- sampai Oktober lokasi-lokasi ini biasanya akan ramai dikunjungi para peselancar.

Untuk kegiatan di darat, kita bisa jalan-jalan menuju sumber air panas di Cisolok. Letaknya sekitar 17 kilometer dari kota Pelabuhan Ratu. Sumber air panas ini sangat cocok untuk membersihkan kulit dari segala macam penyakit. Maklum, airnya mengandung unsur belerang yang tinggi.

Sebagian besar para wisatawan yang berkunjung baik itu lokal maupun manca negara boleh dikatakan datang ke Pelabuhan Ratu karena latar belakang misteri dibalik keindahan panoramanya, disaat-saat tertentu banyak acara ritual yang sering digelar penduduk setempat sebagai rasa terima kasih mereka terhadap sang penguasa laut selatan.

Mitos yang menceritakan bahwa Pelabuahn Ratu adalah tempat berkuasanya Sang Ratu Pantai Selatan Nyai Roro Kidul merupakan daya tarik tersendiri bagi para penginjung. Apa lagi disekitar lokasi pantai tepatnya di Karang Hawu terdapat tempat Petilasan (persinghahan) Ratu Pantai Selatan, yang dapat dikunjungi untuk melakukan ritul tertentu ataupun hanya sekedar mampir untuk melihat-lihat.

Di komplek yang dikeramatkan oleh penduduk setempat ini, terdapat sekurangnya dua ruangan cukup besar yang didalamnya terdapat beberapa makam yang dipercaya penduduk sebagai makam Eyang Sanca Manggala, Eyang Jalah Mata Makuta dan Eyang Syeh Husni Ali. Di beberapa ruangan juga terpampang foto sang penguasa Laut Selatan Nyi Roro Kidul yang lumayan besar.

Untuk urusan penginapan, di sepanjang pantai banyak terdapat penginapan dengan harga yang berfariasi dari yang murah dengan fasilitas seadanya sampai hotel berbintang yang sudah jelas mempunyai fasilitas yang lebih memadai.

Atau anda bisa memilih Hotel Inna Samudra Beach yang juga tidak bisa di lepaskan dari banyak mitos yang berkembang di lingkungan setempat bahkan mungkin di Jawa Barat, karena Hotel berbintang empat yang dahulu sering di kunjungi Presiden RI pertama ini memiliki satu kamar unik yaitu kamar 308 yang menurut cerita pernah di singgahi Nyai Roro Kidul. Di kamar ini anda juga bisa melakukan ritual atau sekedar melihat-lihat untuk mengobati rasa penasaran.

Setelah puas berkeliling menikmati keindahan panorama Pantai Pelabuhan Ratu, anda juga bisa mengunjungi tempat pelelangan ikan dan membeli beberapa jenis mahluk laut untuk sekedar oleh-oleh yang khas dari Pelabuhan Ratu di akhir acara liburan anda. Lokasi pelelangan berbagai macam jenis penghuni laut ini tidak jauh dari terminal bus Pelabuhan Ratu. Anda tertarik ?

Sumber : Perempuan

Peta Lokasi :

Salam hangat dari Liburan.Info...

Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

atau login di liburan.info dan klik menu submit news.

Salam Liburan Indonesia...


Comments
Search RSS
irma   |2008-03-30 23:26:34
saya jadi pengen ke sana karena pemandangan yang indah
vinny   |2008-04-02 14:03:07
pelabuhan ratu pantainya bagus...tetapi banyak karang ya....lebih cocok untuk para surfer....
anggi   |2008-05-29 19:21:35
urang nanyakeun kabar kampung urang di pelabuan ratu/citepus usum jablai keneh teu
aditya   |2008-11-05 21:38:15
Tunggu kedatangan ku dan teman2 ku Pelabuhan Ratu nan iidanh....
Lina   |2008-11-25 14:31:33
sungguh sangat indah pantai pel. ratu & sekitarnya,yg lbh asyik bila malam menjelang "Waww..kereeennnn" smbl mendengarkan deburan ombaknya walau kadang ada rasa takut krn terngiang cerita mistisnya he..he.., tp tuk keseluruhan mantab dachh...
Ryo Cok3R   |2009-03-16 08:56:45
biasa ja kaLee,,,
yaNg inDah 2 di suRga,,,
pelabuhan Ratu Z msh klh ma Pulau deWata
adelle   |2009-06-17 19:57:22
yg comment pel.ratu paling indah pastinya blm ke bali pasti.hahaha...
budayanya msh relatif terpelihara..
budaya klo punah kan ga jd eksotis lg negara kt...
yudi   |2009-03-20 01:15:32
hai yg mau ke plbhn ratu dan yg udah ngerasain indahnya pantai plbhn ratu, ni gw anak asli plbhn ratu jd siapa yg mo nanya2 tentang plbhn ratu silakan. di tunggu ya comment nya ok
Lita  - Butuh Bantuan   |2009-04-17 14:15:18
Hi,yudi..
Gw sama temen kantor mo ada rencana pergi ke pelabuhan ratu tgl 25 April 2009 -/+ 8 org..budget kita minim bgt,,tapi mungkin lo punya saran ga..kira2 ada penginapan yg pondokknya depan pantai+makannya enak+pemandangannya bagus???
tofan   |2009-12-07 17:57:33
kalo buat tahun baru kira2 budget brp?
yudi   |2009-03-20 01:20:54
eh monyet ryo cok3r elo blm ngerasain aja gimn indahnya pantai pelabuhan ratu, jd elo jgn samain plbhn ratu ma surga atau bali krn elo blm pernah ke sana kan. jgn kan ke bali ke pulau seribu aja blm pernah kan, klo ke surga elo jgn ngarep ke sana yg cocok elo ke neraka aja yg paling bagus
adelle   |2009-06-17 20:02:24
YUDI...
penginapan/hotel apa yg saat ini nice n comfort di pelabuhan ratu?
perlu utk outing kantor neeh...
tp bali memang jauh lbh cantik koq...
hawaii aja kalah koq...
honest.
ga usah mrh...memang kenyataan.
ga ngerti knp bali sll bikin org pengen kembali...
mudah2an pel.ratu jg makin cantik ya...
krn kan relatif lbh dkt dr jkt toh...
jalanan ke sananya msh suka rusak berat ga/ itu jg yg bikin mls loh...hehe
pls advice ya klo ada input soal hotel...
thanks.
Lie Phan   |2010-05-04 11:57:52
Adelle:
tapi emang pelabuhan Ratu bagus banget ok. Menurutku emang lbh bagus Pelabuhan RAtu dari pd Bal yg hanya menarik karena emang dah jd wisata mancanegara. Mungkin Adelle boleh jg kapan-2 ke sana dan liat sendiri, silahkan bandingkan dg yg Adelle sebutkan (kl Hawai gue gak tahu, secara gue blm ke sono!)Pelabuhan Ratu perpaduan pegunungan dan pantai yang kita tinggal milih mau pantai pasir, pantai coral or pantai karang. Semuanya ada dan memang sgt bagus.
Yudi:
Banyak hotel bagus dan murah Dengan Rp.250rb dah dpt hotel kelas bintang 3 loh... Mungkin kl sekarang ya sekitar 250-350 lah..(pengalaman setahun yl. Kamar besarfull AC, bed king size double bed (bs diturunin, gak perlu pake bed tambahan), sofa (bs buat tidur), lemari, tivi, kulkas, kursi tamu,air panas dan perlengkapan mandi yg bersih. Kl kamu pernah kesana, so pasti pengin balik lg ya? Gue juga berencana liburan anak-2 besok tetep mau kesana lagi. Makanan laut buanyak n harga standar, cuma emang masakane rodo kurang pas. Banyakan koki daerah kali ya? Sea foodnya gak berasa bumbu chinas food.. Met liburan ya Yudi..
bekti   |2009-03-21 09:46:47
Pelabuhan ratu yang sangat indah dan tak terlupakan untuk liburannku. Pantai dengan pesona yang sangat menawan
Alfi   |2009-06-15 08:23:27
Kalau tgl 4-5 Juli saya bawa rombongan 40 orang bisa nginep dimana nih.. ? ingin hotel yang pumya pantai sendiri.
Mohon infonya.
tks.
adelle   |2009-06-17 19:51:21
please advice, utk outing anak kantr beserta family. kira2 25 orang bersama anak2 juga. perlu penginapan yg murah dan bersih n nyaman di deket pantai.
utk tgl.4-5 juli 2009.
thanks.
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 1 tamu dan 2 anggota online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats