Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Indonesia arrow Sumatera arrow Pesona Pulau Pasir Putih Sibolga
Pesona Pulau Pasir Putih Sibolga PDF Cetak E-mail
(49 votes)
Pulau Pasir Putih merupakan pulau kecil dengan luas sekitar 2,5 Hektar. Pulau ini menawarkan pesona tiada tara. Pantainya berpasir putih, lautnya biru, dan perbukitan berhutan perawan. Semuanya indah dipandang mata. Pulau Pasir Putih dulunya dikenal dengan nama Pulau Puteri. Andalan utama pulau ini keindahan pantai dan lautnya. Pantainya berpasir halus dan putih. Jajaran pohon kelapa tumbuh anggun di sepanjang bibir pantai, menambah keindahan pantainya. Di pulau ini kita dapat memandang hamparan samudra luas, sambil menghirup udara segar bebas polusi.

Lautnya berair jernih sehingga dengan mata telanjang kita dapat menikmati ikan-ikan berlarian kesana kemari. Di dalamnya juga terdapat hamparan terumbu karang yang dihuni sejumlah ikan hias warna-warni. Sekeliling pulaunya dipagari hutan. Belum lagi perbukitan yang ditumbuhi hutan perawan sebagai tempat idaman sejumlah jenis burung dan biawak. Pemandangan yang ditawarkan pulau ini, tentunya bikin kita betah berlama-lama.

Di pulau ini pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas bahari yang menyenangkan. Kita bisa memancing sepuasnya. Ada berjenis ikan di lautnya, antara lain ikan kerapu yang menjadi incaran para pemancing. Kita dapat memancing tanpa harus ke tengah lautan, cukup berjarak sekitar 50 hingga 100 meter dari pantai dan duduk santai di atas bebatuan. Berbagai jenis ikan dengan mudah memakan umpan yang kita jatuhkan ke laut. Selanjutnya ikan kita bakar di tepi pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Kita juga bisa berenang di pantainya tanpa perlu cemas tersapu ombak. Pilihan lain menyelam menikmati pemandangan bawah airnya yang mempesona berikut biota lautnya. Kalau malas berbasah ria, kita bisa berteduh dengan ayunan di bawah kerindangan pepohonan di tepi pantainya sambil membaca buku favorit.

Meskipun pulau ini mungil namun keindahan yang ditawarkan cukup besar. Wajar kalau warga dari luar Kota Sibolga berdatangan, terutama para pencinta alam. Selain itu tentunya warga Sibolga dan beberapa perusahaan yang mengadakan liburan bersama. Pulau ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi liburan akhir pekan oleh keluarga.

Tips Perjalanan

Pulau Pasir Putih berada di perairan Sibolga, berdekatan dengan Pelabuhan Sibolga Tapanuli Tengah. Mudah menjangkaunya. Dari Terminal Amplas di Jalan Sisingamangaraja, Medan kita bisa naik mobil L300 atau KUPJ ke Sibolga. Ongkosnya Rp 80 ribu per orang. Waktu tempuhnya selama delapan jam. Selanjutnya menyewa perahu boat. Biayanya P/P Rp 75.000 per orang. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit dengan menggunakan kapal boat kecepatan 100 pk.

Disarankan berangkat ke pulau ini selagi masih pagi, sekitar pukul 8-an untuk menghindari terik matahari. Bawa perbekalan air minum dan makanan kecil. Gunakan suncream untuk mengurangi sengatan matahari. Bawa serta perlengkapan renang, mancing dan lainnya. Kalau ingin menyelam, dapat menyewa perlengkapannya di rental hotel.

Di pulau ini tersedia penginapan sederhana berupa rumah pondok yang dilengkapi ruang berkumpul untuk membakar ikan hasil memancing. Kalau ingin jalan-jalan keluar pulau dapat menyewa perahu.

Sumber : Majalah Travel Club

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...


Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:


Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya


Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
cika   |2008-01-16 10:38:19
:cry
Aisya   |2008-01-16 12:05:53
so
sweeeeeeeettttttt :roll
aswar   |2008-02-13 11:07:08
sibolga memang ok
Togi Nainggolan   |2008-03-08 07:25:12
Sibolga is my best town.......
hehehehe....................
Dustin  - -   |2009-04-20 16:38:47
Lae Togi,
Apa kabar. gimana kabar namboru sama amangboru diSibolga, mudah2an semua sehat2 aja ya

Salam dari Keluarga di Jakarta
ketzman Laroza   |2008-06-18 23:51:56
:grin kerenn...
:rollmasih putih gak pasirnya ya??
jangan dirusak ya sibolga kita..
Pemkot dan Pemda,
:eek jagain lho..
awas..
Junedy Martoni Sinaga   |2008-08-27 21:09:30
Sibolga, is my really country....
next time, kalau aku kembali kesana,
aku ingin membuktikan
karunia terindah....
dari kota tercintaku.....
Irwansyah  - Irwan   |2009-03-11 07:27:41
Sibolga, P.Poncan, P.Pasir Putih, P.Mursalah, P.Bakar sangat mengecewakan.
Saya dan keluarga liburan 6-10 Maret 2009, rasa hati ingin melihat keindahan laut bawah dan mancing didaerah itu, tapi apa daya terumbu karang telah rusak, ikan tidak ada lagi diseputar pulau tersebut. Selidik punya selidik rupanya penduduk disana melakukan penangkapan ikan menggunakan bom. Keindahan yang terbayang pupus sudah hanya anak2 yang gembira dengan mandi di laut yang bening dan bersih. Sewa boat agak mahal yaitu Rp1.300.000,- kamar mulai dari Rp225.000,- s.d Rp600.000,- Makanan kurang bervariasi dan pelayanan kurang baik. Kalau ingin menikmati liburan ke laut daiving, mancing sebaiknya kamping di Lauhan Angin, P.Pasir Putih atau di P.Kelapa, disana pantainya bersih, lautnya masih asri dan mancing masih banyak ikan Gerapunya dan ikan lainnya. Selamat berlibur.
TUTI MAULANI CHANIAGO   |2009-05-22 19:01:29
hallo sibolga, aku tuti anak dari awaludin chaniago yang dulu pernah tinggal di aek habil. aku adalah salah satu pemilik dari pulau mursala. aku masih mahasiswa di niversitas Pakuan Bogor Fakultas Hukum Semester VI, aku keponakan dari masrudin chaniago SH.
TUTI MAULANI CHANIAGO  - re:   |2009-05-22 19:07:34
TARAGAK AMBO SAMO SIBOLGA NAN TACINTO. perkenalkan namaku TUTI MAULANI CHANIAGO, anak dari Bapak Awaludin Chaniago dn Ibu EMI(MAMI)
tuti chan   |2009-06-08 17:31:49
menghayal...hehehe bukan sich. aku bukan pemilik karena pemilik sebenarnya adalah Allah SWT, dan saya sebagai mahlk Allah dan anak Sibolga berkewajiban memelihara keindahan pulau mursala terebut. Tetapi berhubung saat ini saya sedang menempuh kuliah di salah satu universitas swasta di bogor nanti kalu liburan aku akan pulang ke sibolga untuk melihat keindahan pulau terebut secra langsung dan memberikan ide-ide cemerlang untuk mmelihara pelestarian eindahan pulau tersebut. Appa yah kira kira...? aku bangga jadi anak sibolga. Sibolga kaya akan alamnya. Sibolga mempunyai pulau mursala, poncan, sarudik dll. makanan nya juga enak-enak seperti panggang pacak, lauk sambam, gule daun ubi batumbuk, samba tuk-tuk, panggang geleng dll. kue yangn khas dari sibolga juga banyak seperti kue tumban, itak-itak, kue sapik, kue bawang dll. wah sibolga.... ambo taragak bana..........
tuti chan   |2009-06-08 17:41:19
waktu aku kecil di sibolga ayah sering bawa aku jalan-jalan keliling sibolga. ke pantai pandan disitu ada sate lokkan, lamak bana dah.......... terus ke pelabuhan, ke sarudik mandi-mandi bersama tema-tman waktu SD seperti Kifli, Enda, Fitri banyak dech. Oh yah ngomongngomong soal SD aku bersekolah di SD MUHAMMADIYAH 1 Sibolga.teman teman ku disana banyak seperti ayu,melda,juli, risma, maya, kifli, enda, bambang, putri, anti, kak ade dll. di sibolga juga banyak gunung, nah di sah satu gunung di sibolga terdapat tumbuh-tumbuhan seperti bunga berbiji hitam dan kalau di makan lidah kita jadi berwarna ungu, nah kami namakan itu biji jagoan neon. banyak kenangan manis dech di siboga.
ogekdedy  - Ogek Dedy   |2009-06-10 13:32:43
Hai, ogek dedy hadir di sini, Ogek Dedy online memberikan informasi seputar kota sibolga dan tapanuli tengah, terima kasih
dana daulay   |2009-07-14 23:46:42
kalau untuk snorkling pulau mana ya yg bagus????
irma   |2010-01-08 13:22:04
mecom....
Q sneng bgt loch ma keindahan kota Sibolga..
kpan y Q bs ksna???
pdhal pcar Q da dsna, pi....
Anonymous  - re:   |2010-01-08 13:24:57
irma wrote:
mecom.... Q irma, tgl d kota Binjai
Q sneng bgt loch ma keindahan kota Sibolga..
kpan y Q bs ksna???
pdhal pcar Q da dsna, pi....
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 2 anggota online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats