Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Kuliner arrow Wisata Kuliner arrow "Gurame Cobek" Bumbu Desa Boleh Dicoba!!!
"Gurame Cobek" Bumbu Desa Boleh Dicoba!!! PDF Cetak E-mail
(6 votes)
Berjalan disepanjang Jalan Suryo banyak sekali restoran baru, mulai dari Santa hingga Gunawarman dan Senopati. Ehmm...tak ayal jika saya menyebut jalan suryo ini adalah surganya makanan, mau apaaaaa ajaaaa ada disini! tradisional maupun kebarat-baratan 'hayuu disini teh!!' belakangan saya amati daerah ini giat diserbu resto-resto baru yang berkonsep sundanes, entah karena lagi 'ngetrend' atau memang masyarakat kita bosan dengan makanan yang sedikit beradab barat dan kurang sehat! Yang saya lihat disepanjang jalan Suryo hingga Santa mulai dari Harvest, Bumbu Desa, Saung galah, Gulai bistro, Magnolia hingga Dapur Ciragil. Hahaha...jika anda bertandang kesini anda pasti dibikin pusing bukan kepalang!! selain laper mata makanan yang dipromosikan pun cukup menggugah selera bikin kita ngiler sana-sini dan kocek yang dikeluarkan juga lumayan lho!

Secara tempat dimana saya bekerja tidak jauh dengan resto "Bumbu Desa" yang berada di jalan Suryo dekat lapangan blok S. Sekitar puasa hari kedua bulan Ramadhan saya dan teman saya mampir untuk buka bersama disana serta ingin membuktikan menu-menu yang ada di resto sunda ini. Pasalnya setiap saya melewati Bumbu Desa disiang dan sore hari selalu saja ramai pengunjung. Saya dan teman saya selalu bertanya-tanya "Ko' rame terus ya, apa bener makanannya enak-enak!! sampe segitunya?!"

Interior bangunan dalam yang ditampilkan bumbu desa tidak 'wah' tapi cukup nyaman, santai dan sejuk. Alunan suara lagu Sunda dan gemericik pancuran air bagian luar resto mengingatkan saya dengan negeri parahiyangan.

Pertama masuk, saya dan teman saya langsung disambut ramah oleh para pelayannya dan ada sambutan khas yang diucapkan setiap ada pengunjung baru yang datang!! Tapi saya lupa apa yang mereka ucapkan!! Saat itu pandangan saya langsung jatuh kesisi kanan resto karena banyak makanan yang didisplay disitu. Mulai dari ikan gurame goreng, ayam goreng, ayam bakar, cumi bakar, macam-macam gorengan ala dapur sunda, aneka sayur matang dan lalapan yang tertata rapih lengkap dengan berbagai sambel mulai dari sambel terasi, sambel hijau, sambel oncom dan terasi goreng. Wuiihhh Ma'nyussss...!!!

Waktu itu kami memesan ikan gurame goreng bumbu cobek, ayam bakar, sayur asem, tempe + tahu goreng, sayur daun singkong dan sayur taoge cah tahu, sedangkan untuk minuman kami memesan es kelapa muda. uniknya minuman berupa teh tawar disini gratis bisa diambil sendiri dan tambah sepuasnya persis seperti dirumah jika mau tambah minum ambil sendiri. Lalap-lalapannya juga gratis! wah...saya dan teman saya langsung semangat mengambil lalapan berupa daun selada, terung kecil, ketimun dan tomat dalam sebuah wadah etnik yang disediakan.

Selepas azan berkumandang, kami pun berbuka dengan teh tawar dan takjil berupa kolak yang diberikan gratis. Ehmm kolaknya enak banget rasa manis dan gurihnya santan sangat pas dengan lidah saya teman saya pun mengangguk setuju dengan pendapat saya. Tidak berapa lama setelah tiser, makanan utama pun datang, satu persatu menu disajikan didepan meja kami diiringi senyuman pelayannya yang sangat ramah. Wow...they are very friendly...

Tak sabar kami pun langsung menyerbu makanan yang ada didepan meja kami. Gurame gorengnya lumayan enak, kering dan bumbunya sedikit pedas serta agak sedikit manis, selain itu juga terasa aroma jahe atau sejenis onje. Entah benar atau tidak tapi itulah yang kami rasakan. Untuk sayur asemnya agak manis sangat tidak sesuai dengan selera saya 'too much sugar!' ayam bakarnya nyaris kering dan kecil, sangat beda dengan ayam bakar gantari yang basah, lembut, dan rasanya ma'nyusss!! sedangkan untuk sayur taoge cah tahunya lumayan enak, saya suka!! tapi daun singkongnya biasa aja. Tempe dan tahu gorengnya pun juga biasa tidak ada bumbu khusus karena rasanya seperti masakan rumah. Tapi sambal terasinya lumayan menaikan rasa ketika saya mengecap si ayam bakar dan lalap segar. Sambal hijaunya kebetulan saya tidak makan jadi engga tau bagaimana rasanya. Tapi saya sempat makan terasi gorengnya. Lumayan enak walau sedikit menyengat!!

Kenyang dengan semua sajian bumbu desa dan tidak habis pula kami pun mulai menikmati es kelapanya. Huhuhu...es kelapanya yahud! ngena banget!! warnanya menarik tidak seperti es kelapa umumnya, disini berwarna merah. Untuk lidah saya sih pas banget racikan rasa manisnya!! kelapanya muda dan lembut serta ada aroma strawbery didalamnya.

Untuk range harga disini dibilang terlalu mahal engga murah juga engga!! untuk ayam bakar sekitar 9 ribuan dan tumisan sayur mayur semangkuk sekitar 6 ribuan, es kelapa sekitar 11 ribu, sambal dan lalapan gratis. Pokonya waktu itu saya habis sekitar seratusan lebih deh!! saya lupa persisnya. Agak kaget juga sih, tapi harga segitu untuk resto sekitar jalan suryo sangat standar.

Sumber : cbn.net

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...


Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:


Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya


Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
diana sulistiowati  - OMAH COBEK   |2009-07-09 13:40:30
KALO LIBURAN KE LOMBOK, JANGAN LUPA MAMPIR KE OMAH COBEK ( JL.MAKTAL, CAKRA ) DEKATNYA MATARAM MALL, DISANA GURAME BAKAR SAMBAL MANGGA & BEBEK COBEK CABE MERAHNYA MANTAB SEKALI LHO RASANYA, BOLEH DICOBA!!
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 1 tamu dan 2 anggota online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats