Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here:
Kampung Basilam PDF Cetak E-mail
(31 votes)
Pabila cinta kepada Mu tlah merasuk sukma
Dan kerinduanku mendera tanpa jeda,
Maka sirnalah semua yang maujud...

Kampung Basilam adalah kampung tarekat Naqsabandi Qadiriyah. Penghuninya adalah para sufi yang menjalankan tarekat Naqsabandi Qadiriyah. Siang malam, adalah hari hari dimana suara dzikir dilantunkan kencang tanpa henti. Mencari Allah, dalam rasa cinta yang kuat didada. Tidak ada yang tersisa lagi didunia ini, kecuali mencari Dzat Allah yang Pengasih. Kampung Basilam sejatinya merupakan pusat Tarekat Naqsabandi Qadiriyah tertua di Indonesia, bahkan dipercaya tertua di Asia Tenggara. Muridnya tersebar ribuan orang dalam kurun waktu sekian abad diseluruh pelosok negeri. Mereka datang kemari untuk mencari “jalan” menuju Sang Khalik. Sebuah “jalan” atau tarekat yang dipercaya akan memupuk cinta manusia pada Allah yang Maha Esa dengan serangkaian didikan agama yang taat dalam pengasingan terhadap kehidupan duniawi. Disinilah “sekolah” para sufi Naqsabandi mencapai “maqam” atau tingkatan demi tingkatan untuk menyapa Sang Pencipta.

Basilam atau Babussalam (artinya: pintu kesejahteraan) merupakan sebuah perkampungan terpencil dan terisolasi ditengah hutan sekunder, nun diujung Tanjung Pura, Langkat, Sumut. Apabila berangkat dari Medan, pergilah kearah Binjai-Langkat-Aceh sejauh 60 km. Setelah lewat Tanjung Pura, keluar dari jalan raya, belok masuk kedalam sebuah jalan kampung kecil hingga 2 km, disanalah kampung basilam berada. Sekilas, Basilam mirip dengan pesantren yang terkucil, teduh, asri, sangat bersahaja. Tampak ada bangunan berkubah lengkung seperti masjid, sebuah bagunan utama dari kayu hitam yang besar dengan gaya rumah panggung, serta beberapa bangunan tambahan lainnya. Selebihnya adalah rumah penduduk yang jumlahnya hanya berkisar 100 kk. Penduduk ini diijinkan memakai sebagaian kecil tanah Basilam untuk menetap disitu dan membangun rumahnya. Kebanyakan dari mereka, adalah anak turun temurun dari keluarga pendiri dan pengikut setia tarekat Naqsabandi sejak jaman dahulu.

Adalah Tuan Syeh Abdul Wahab Rokhan yang pertama kali membawa tarekat Naqsabandi Qadiriyah ketanah Langkat ini. Lahir 28 September 1811 di Danau Randa Rantau Binuang Sakti Negeri Tinggi Bengkalis. Anak ini tumbuh menjadi seorang yang taat dalam menjalankan ibadah agama. Hingga satu waktu, Tuanku Abdul Wahab Rokan meniti ilmu hingga ke Mekah selama bertahun tahun. Disanalah ia kemudian belajar tarekat Naqsabandi sampai kepulangannya kembali ketanah kelahiran. Setibanya di Langkat, Sultan Langkat memberi dia hadiah sebidang tanah yang boleh dipilih oleh dia dan kelak disitulah berdiri pusat Tarekat Naqsabandi yang disebut sebagai Kampung Besilam. Menurut cerita, ia mendapatkan lokasi Babussalam dengan menaiki sebuah sampan kecil menuju ke hulu menentang arus sungai deras menuju keatas bersama sekelompok kecil pengikutnya. Hingga satu saat ketika sampan itu berhenti, dan ia melaksanakan shalat, Tuanku Abdul Wahab Rokan kemudian mengatakan disinilah ia akan menetap. Dimata pengikutnya, ia diberi gelar “tuanku” (artinya: orang yang berilmu agama dan dihormati) Syeh Abdul Wahab Rokan Al Kholidy Naqsabandi Tuan Guru Babussalam Langkat.

Setahun sekali, bertepatan dengan hari wafat Tuan Guru Abdul Wahab Rokan tanggal 27 Desember 1926, diadakan acara haul besar peringatan wafat Tuan Guru Pertama. Saat inilah datang ribuan murid dan peziarah dari seluruh pelosok Asia dan Indonesia ke Basilam. Dihari pertama dan kedua haul, pada malam hari seusai shalat isya’, para khalifah (sebutan pengikutnya) dan peziarah melakukan dzikir didepan makam Tuan Guru pertama Abdul Wahab Rokan. Peziarah datang kemari selain mengikuti acara dzikir bersama dimakam Tuan Guru Pertama, juga bersilaturahmi dengan penerus Tuan Guru Basilam. Disaat inilah, kampung Besilam yang biasanya teduh dan tenang mendadak menjadi sibuk karena datangnya ratusan bis kemari membawa ribuan wisatawan, khalifah, dan peziarah.

Aku meminta Allah untuk menyingkirkan deritaku,
Allah menjawab: tidak,
Aku tidak mau menyingkirkannya, tapi untuk engkau kalahkan.

Aku mohon agar Allah menghilangkan cacatku,
Allah menjawab tidak,
Jiwa adalah sempurna, badan hanyalah sementara.

Aku mohon Allah memberiku kesabaran,
Dia menjawab tidak,
Kesabaran adalah hasil dari kesulitan,
ini tidak dihadiahkan tapi dipelajari.

Aku minta Allah memberiku kebahagiaan,
Allah menjawab tidak,
Aku memberi berkah, kebahagiaan adalah upaya kamu untuk mencarinya.

Aku minta Allah dipupuskan penderitaan ini,
Allah menjawab tidak,
Penderitaan menjauhkan kamu dari duniawi
dan membawamu berlari mendekat ke Aku.

Aku minta Allah
membantuku mengasihi orang lain,
seperti Dia mengasihiku,
Allah menjawab:... aaah akhirnya kamu paham.

(author unknown)

Penulis : hantulaut
Fotografer : hantulaut
Sumber : navigasi.net
Lokasi : Des. Basilam, Kec. Padang Tualang, Kab. Langkat, Sumatera Utara

Peta Lokasi :
Comments
Search RSS
haryanto   |2007-11-04 13:48:40
Abi Zahra   |2008-05-24 15:25:24
Mohon dikoreksi..!
Basilam adalah kampung Thariqat Naqsabandiyah Kholidiyah bukan Naqsabandiyah Qodiriyah.
Siti Jazwina Mohamad Kulal   |2008-12-20 11:07:27
Assalammualaikum.
Saya dari Malaysia.Arwah bapa saya berasal dari BASILAM INDONESIA.
Saya teringin untuk kesana.Saya ingin melihat tempat lahir arwah bapa saya.
zikmal fuad  - 0166536962   |2009-10-31 21:35:48
salam......
siapa nama arwah bapa tuan??
Thn brp ianya wafat...
apakh beliau sudah khalifah..??
zikmal fuad at Bangi Baru Selangor
Putra Besilam...peljar UKM
jazwina kulal  - assalammualaikum   |2010-06-05 00:33:46
assalammualaikum saudara zikmal fuad..
nama bapa saya ialah MOHAMAD KULAL BIN SENA..
Marissa Arina   |2008-12-27 15:31:42
klo saya boleh tau thariqat naqsabandiyah basilam ini mempunyai silsilah ga ?
n klo boleh tau juga neh thariqat itu mempunyai izajah yang asli dari silsilah yang berikutnya??
karna setau saya bila kita tidak mempunyai suatu izajah yang asli dengan suatu stempel asli dari silsilah sebelumnya itu semua tidak dapat diteruskan.
karna ilmu tersebut belum diturunkan...
n saya mau tau kenapa thariqat ini dibilang thariqat batak??
trims" ^_^"
Irwansyah   |2009-02-18 16:43:51
Ass ww,-
Saudaraku Siti Jazwina, membaca nama Kulal kemungkinan besar awak adalah keturunan dari Besilam mungkin juga zuriat dari syekh Abdul Wahab Rokan. Bila anda ingin menziarahi leluhur arwah Bapak awak, datanglah ke Medan dan lanjutkan dengan kereta ke Tanjung Pura dan ke Besilam kira2 72 KM. Bila perlu penjelasan awak boleh kirim email ke saya, kebetulan saya adalah keluarga besar Besilam.
Siti Jazwina Mohamad Kulal  - Salasilah Keluarga   |2009-08-26 22:53:23
Assalammualaikum saudara Irwansyah,
Adakah saudara mempunyai salasilah keluarga bapa saya?

Nama penuh bapa saya ialah Mohamad Kulal Bin Sena.
Irwansyah   |2009-02-18 16:52:28
Ass ww,-
Ibu Marissa, tarekat naqsabandiyah Kholidiyah di Basilam mempunyai silsilah yg jelas, Syekh Abdul Wahab Rokan di izajahkan dari Syekh Sulaiman Zuhdi dari Jabal Qubis Mekah. Setelah Pusat tarekat naqsyabandiyah di tutup oleh Pemerintah Arab saudi (Wahabi), maka Pusat Tarekat Naqsyabandiyah Kholidiyah di pindahkan ke Besilam (Babussalam) Langkat. Saat ini Mursyid dan nazir Besilam adalah Syekh Hasim Al Syarwani Tuan Guru yang ke 10 dengan silsilah yang ke 37. Bila ibu ingin mengetahui lebih banyak hubungi kami.
mohd alfaraby rustam effendi   |2009-09-30 20:56:30
asslamualaikum, irwan, sy salah 1 cicit tuan guru skarang barada di subang jaya kuala lumpur, sy anak kepada rustam effendi bin madyan, nama andung saya rahimi,
Khairul Nizam +60135844722   |2010-02-05 04:23:25
Assalamualaikum Saudara Irwansyah,
Nak tanya pasal Sheikh Hasim Al Syarwani, adakah umurnya lebih kurang 90 thn dan tinggal di Kampung Pongkar, Pulau Karimon? Sebab guru saya pun namanya Hasim dan saya panggil Tok Ngah Hasim dan biasanya dia kerap datang mengajar di Johor. Dia telah ditauliahkan mengajar semenjak thn 1950an lagi...betul ke?
Sahrullamzah.Mhd Amin  - Rindu Besilam Tuan Guru   |2009-07-14 22:41:32
Assalaamu'alaikum
Sepuluh jari memohon ampunkan dosa kita semua, dan maaf dahulu jika ada kata tersilap.
Saya adalah Putra Asli kelahiran Langkat, tepatnya di batu X bukit tua buluh telang., 7 mart 1969 40 tahun yang lalu.
Saya lahir dari rahim Ibunda Halimatussa'diah binti Ahmad,keturunan batak( panjaitan), sedang ayah saya ada yang bilang keturunan batak, jawa bahkan campuran cina, namanya Muhammad amin dulunya orang tua saya adalah perantau/pendatang. Kami 5 bersaudara, saya anak ketiga, dan yg tertua abang saya Sarifuddin bin m, Amin, dan adik saya Sarba'iyah bt m.Amin, yang no5 Marliana,Bt. M.Amin( telah wafat berumur satu bulan setelah lahir). Alhamdulillaah kedua orang tua saya itu sekarang sudah menghadap Allaah, dengan penuh iman, amien.
Sekarang saya dan keluarga saya terpisah saling menjauh, saya sendiri di Brunei Darussalam, kebetulan mendapat isteri di sana.
Ibu saya adalah salah satu murid dari salah satu Tuan guru Besilam dan telah wafat thn 1977 di kuburkan di Batu x bukit tua menuju tg selamat. dulu ayah saya ddan ibu saya sangat rajin menjalin hubungan yang sangat akrab dengan kerabat2 dfi besilam, termasuk, di antaranya, Andung jainab almarhumah, ibu kepada bapak Guru Hj Murni,almarhum, mereka memiliki anak2 diantara yang saya int: Bang Ahyar,BAng Ais,BAng Akil,yg perempuan klu nda salah Uay. tahun 2000 saya ada kebesilam dan jumpa sama bang Ais dan Keluarganya, dan sekarang los contact. Atas nama Allaah, saya memohon sampaikan berita ini dan Salam saya kepada Tuan Guru yang MUlia Hj Hasyim, dulu pernah mengajar saya di SMA yapeksi sawit seberang, dan ke keluarga pak HJ MUrni Almarhum,khususnya bang AIS, sholawat dan salam saya akhiri dengan wassalaamualikum warohmatulloohi wabarokaatuh ni alamat saya : NO 21 jln Sengkurong B' simpang 45 baitul mal compleks sengkurong, Brunei darussalam BG1721. HP 6738807439
zikmal fuad   |2009-10-31 21:58:20
salam....
Insyalh salam abng akn saya sampaikan kepada meraka...
Syekh Hasyim adalh adik kndung kepada bapa saya Muhammad MR, sedng nama2 yg abng sebutkan seperti akhyar, Aqil, Ais n Juwai adalh sepupu saya, mamak mereka adalh kakak Kandung kepada emak saya Aminah Majid..
zikmal fuad, putra Besilam..Pelajar UKM Malysia/016-6536962
shaharul  - berziarah   |2009-08-14 16:06:42
Saya ingin berziarah ke Besilam. almarhum Datuk saya adalah anak angkat kepada Almarhum sheikh abdul wahab dan diperintahkan untuk mengembangkan T Naqsyabandi ke Malaysia negeri Perak, daerah Parit.
Boleh dapat saya berkenalan dengan mana keluarga besar Besilam.

wassalam
abu bakar  - menyusun salam pinta keterangan   |2009-08-18 18:53:08
Assalamualaikum kepada Tuan dan Puan yang ketahui akan salsilah pertama hingga ke 37 skg. begitu juga siapakah mursyid yang ada di malaysia. terima kaseh dan wassalam.
edo   |2009-09-08 21:45:27
besilam adalah tempat saya besuluk dengan haji ismail royan pemimpin pondok pesantren babussalam pekanbaru.
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 1 tamu dan 2 anggota online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village