Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Indonesia arrow Jawa - Bali arrow Wana Wisata Sukamantri
Wana Wisata Sukamantri PDF Cetak E-mail
(16 votes)
Wana Wisata Sukamantri terletak kurang lebih 10 km dari pusat kota Bogor ke arah barat daya. Sayangnya jalan sepanjang +/-3 km mendekati lokasi objek wisata ini bisa dibilang telah rusak cukup parah. Bentuk jalan yang berbatu-batu dan bergelombang, telah cukup membuat mobil yang ditumpangi bergoyang kiri-kanan laksana sebuah perahu dilautan lepas. Belum lagi terkadang lebar jalan yang ada cukup sempit untuk dilalui oleh dua buah mobil, sehingga bila berpapasan dengan kendaraan lain harus benar-benar menepi hingga ke bahu jalan yang ditumbuhi semak belukar, atau mundur kebelakang hingga ke bagian jalan yang cukup lebar. Kontur jalan yang menanjak, praktis membuat kecepatan kendaraan berkisat antara 4 - 7 km/jam.

Meskipun kondisi jalan yang cukup memperhatikan tersebut, ternyata cukup banyak orang yang berkunjung kesana. Kalangan pencinta alam tampak mendominasi jumlah pengunjung, disamping itu juga beberapa lembaga universitas dan perkantoran juga ikut meramaikannya. Semuanya menyebar keberbagai sudut area pekemahan, ditandai dengan berbagai macam jenis dan ukuran tenda yang telah didirikan.

Berkemah di Sukamantri nampaknya memang menyenangkan. Buang jauh-jauh kesan bahwa untuk mencapai lokasi perkemahan, pengunjung mesti berjalan dulu beberapa kilometer sambil memanggul beban berat dipunggung. Jarak antara lokasi perkemahan dengan areal parkir kendaraan bermotor roda dua/empat hanya beberapa puluh meter saja, yang itu berarti pengunjung bisa membawa perbekalan sebanyak-banyaknya didalam mobil dan mengambilnya sewaktu-waktu saja bila diperlukan. Tentunya isi tenda bisa menjadi lebih lapang dan lega karena tidak perlu menyimpan perbekalan didalam tenda.

Beberapa fasilitas dasar seperti kamar mandi, warung penjaja makanan dan masjid tersedia pula disana, sehingga wisatawan yang berkunjung tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan cara pemenuhan kebutuhan fisiologis. Hamparan rumput yang hijau, pohon-pohon yang rimbun/rindang dengan udara yang dingin menyegarkan serta pemandangan kota bogor dari ketinggian lebih dari 800 meter, memberikan kesan damai yang jauh dari hiruk-pikuk kebisingan hidup perkotaan.

Bosan hanya berada di area perkemahan ? Cobalah masuk ke hutan yang berada disebelah utara dari kawasan ini. Pepohonan lebat dan lembab diiringi sesekali kicauan burung akan membawa anda untuk melupakan sejenak rutinitas sehari-hari dunia kerja. Jalan tanah setapak, sesekali terhalang oleh dahan pohon yang merunduk rendah atau tumbangan pohon, ditambah dengan air yang bening dingin dan segar mengalir perlahan diantara bebatuan sungai, menambah kesan alami.

Tak jauh masuk kedalam hutan pengunjung akan menemukan air terjun yang bernama Suryakencana. Dengan tinggi kurang-lebih 10 meter dan debit air yang tidak terlalu besar, memancing diri untuk sejenak berbasah-basah maupun mandi menikmati dibawah limpahan airnya. Boleh dibilang terdapat tiga air terjun di kawasan ini. Selain air terjun Suryakencana yang terletak paling hulu dari bagian sungai, juga terdapat dua air terjun lain setelahnya. Untuk mencapainya bisa dilakukan dengan berjalan mengikuti aliran sungai, hingga menemukan sebuah air terjun kecil dengan ketinggian sekitar 5 meter dan sebuah air terjun lain, dimana pengunjung akan berada pada bagain atasnya. Harap waspada bila ingin berjalan di tepi tebing untuk melihat bagian dasar dari air terjun ini, karena bebatuan yang licin oleh lumut bisa membahayakan keselamatan anda.

Dengan sederet fasilitas yang ada, bagi anda yang suka dengan aktivitas outbond atau perkemahan, tentunya cukup menyenangkan untuk mengunjungi object wisata ini, terlebih bagi mereka yang "malas" untuk bersusah payah membawa perbekalan atau memikirkan pemenuhan kebutuhan fisiologis saat berkemah.

Penulis : Silhouette
Fotografer : Silhouette
Lokasi : Tamansari;Ciomas;Bogor
Sumber : navigasi.net

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...


Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:


Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya


atau login di liburan.info dan klik menu submit news.


Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
Alam Habib Burakhman  - Surganya Para Pencinta Gunung   |2009-03-02 14:11:39
Tempatnya enak.. bersih.. fasilitas lumayan lengkap (ada warung yang piket tetep jaga klo ga week end) trek ke suryakencana lumayan menantang.. apalagi klo kabut udah turun.. paling enak dari peternakan tapos jalan aja lebih seru.. sekitar 1,5 - 2 jam sampai di area perkemahan
Galang Prahanarendra   |2009-03-09 11:20:55
eh maap, mo nanya, disana itu ada berapa jalur, terus jalur yang terdekat dengan sumber mata air itu dimana ya?
Adam  - Tanya Lokasi Sukamantri   |2009-04-23 13:14:30
Dear Cs,

Lam Knal...
Gw Pngn Tnya neh, bsk kn tgl 8-10mei Gw Mo kmping di Sukamntri, tp blm jls gtu alamt'e,.. btw, klo dr st.bgor naek mobil ap aj???

and di sukamantri tmpt'ny enak /biasa aja..???

Banyk yg kemping/sepi???

Regards
Adam
edrick   |2009-05-01 17:10:35
@ adam

saya ada nomor telpon CP nya sukamantri ...
klo mau bisa saya kasih tau...
email saya saja...
tq...
tika   |2009-05-26 13:38:49
mita no hp CP nya dong... qt mw rame2 k sukamanntri niii,,,
tika   |2009-05-26 13:40:01
Wisnu Sudiro   |2009-08-24 22:05:20
minta cp nya dong Mas,
makasih..
liburan.Info   |2009-08-25 08:25:45
avatar Susah sekali mencari Contact Person untuk Sukamantri. Ada yang mau share? atau langsung saja kesana, lebih cepat daripada cari cp-nya dulu

Salam Liburan Indonesia...
delly  - butuh niy cp sukamantri   |2009-05-04 18:10:07
@edrick

boleh donk di share no cp-nya..
butuh banget nih..

tx
Alam Habib Burakhman   |2009-05-05 14:47:26
CP nya ga tau.. tapi jalur paling dekat bisa lewat ciapus atau masuk lewat kebon jati.. bagi yang ga bawa kendaraan jalan aja lewat kebon jati, pemandangannya ok.. selain peternakan sapi tapos juga hamparan hutan lebat.. bagi yang mau setengah jalan.. bisa naik ojek (asal pegangan aja, ngebut booo) di saranin naik ojek sampai portal kujang aja... dari situ jalan ke perkemahan sekitar 1/2 jam.. ok banget deh suasananya.. ssstt.. jangan bilang2 nanti jadi pasaran tempatnya kayak pangrango..ha..ha...
resands   |2009-05-06 00:52:18
tempatnya biasanya rame gk???

mau nya sich camping n cm ada rombongan w d sana..
dwita   |2009-12-23 17:49:54
mau tahu alamat, no tlp dan CP utk sewa, apakah bisa untuk keluarga saja bukan rombongan
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 2 tamu online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats