Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Indonesia arrow Jawa - Bali arrow Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Air Panas Tirta Sanita Ciseeng PDF Cetak E-mail
(50 votes)
Terdapat beberapa tempat wisata air panas di kabupaten Bogor, salah satunya adalah wisata air panas Ciseeng. Diantara beberapa sumber mata air panas yang ada di daerah ini, hanya lokasi pemandian air panas Tirta Sanita-lah yang dikelola sebagai tempat tujuan wisata. Tiket masuk kelokasi saat itu ditetapkan sebesar Rp. 5000/orang. Memasuki gerbang pemandian air panas Tirta Sanita, tampak deretan pohon palm raja teratur rapi disisi kiri dan kanan. Beberapa meter kemudian pengunjung akan disuguhi pemandangan bukit kapur yang merupakan sentral dari lokasi pemandian ini. Kombinasi warna putih, abu-abu dan hitam terpadu dengan kontrast, serasi dengan warna hijau dedaunan pohon yang cukup banyak tumbuh disekitarnya. Pada beberpaa bagian dari bukit ini dipahat menyerupai anak tangga sehingga memungkinkan pengunjung untuk mendakinya .

Siang itu nampaknya sedang digelar atraksi hiburan di lokasi pemandian ini. Beberapa artis dangdut lokal tampak bergantian menyanyi menghibur para penonton yang sedang duduk santai di bawah pohon rindang. Sementara diareal pemandian anak-anak, beberapa anak kecil bermain air dengan riangnya sambil berteriak-teriak memanggil orangtua/teman mainnya. Disudut lain yang lebih sepi tampak didominasi oleh beberapa pasang muda-mudi, entah itu dibawah pohon, di beberapa cekungan maupun dibalik gundukan bukit kapur.

Di atas bukit kapur, terdapat sebuah kolam kecil yang berisi air. Bau belerang cukup menyengat pada air tersebut dengan warna putih kehijau-hijaun. Ketika saya mencoba untuk merasakan seberapa panas air yang ada di bukit tersebut, ternyata tidaklah sepanas yang diperkirakan bahkan mungkin suhu yang ada pada air tersebut terjadi hanya karena terkena terik sinar matahari. Rupanya untuk dapat merasakan air panas yang sesungguhnya, harus langsung mencobanya pada kolam rendam yang terletak di dalam rumah-rumah sewa. Dari cerita seorang teman yang pernah mencobanya, air yang berada di kolam rendam sewa itu cukup panas bahkan panasnya cukup menyakitkan untuk anak kecil. Penulis memutuskan untuk tidak mencobanya, karena hawa siang itu cukup terik dan lebih tertarik untuk menjajagi bukit karpur yang terletak di belakang areal parkir Tirta Sanita. Dari petugas parkir sesaat sebelum memasuki loket pembayaran Tirta Sanita, diperoleh informasi bahwa di bukit kapur tersebut juga terdapat sumber air panas, namun belum dikelola secara penuh.

Penasaran dengan informasi ini tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki, toh tidak terlalu tinggi, meskipun terik matahari terasa sangat menyengat kulit. Dan memang benar, terdapat sebuah kolam pemandian kecil disana dan sebuah kamar mandi dengan air panas mengalir didalamnya namun sayang bangunannya benar-benar "darurat". Saat itu tidak seorang pun yang mencoba mandi maupun berendam dalam kolam yang terletak di areal terbuka, tanpa adanya atap maupun pepohonan yang menaungi dari terik matahari. Hanya beberpa orang yang nampaknya penduduk sekitar sedang berbincang-bincang di bawah terpal biru ditemani segelas kopi.

Air yang ada di kolam tersebut ternyata juga tidaklah sepanas yang diperkirakan, alias tidak jauh berbeda dengan suhu air yang terletak di atas bukit kapur Tirta Sanita. Bentuk kolam yang seadanya, tidak adanya perlindungan dari sinar matahari yang terik beserta noktah-noktah tipis lapisan kapur pada permukaan airnya, mungkin menjadi penyebab utama pengunjung enggan berendam didalamnya.

Penulis : Silhouette
Fotografer : Silhouette
Lokasi : Parung, Bogor
Sumber : navigasi.net

Peta Lokasi :
.

Salam hangat dari Liburan.Info...

Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

atau login di liburan.info dan klik menu submit news.

Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
gampo   |2007-12-25 15:03:45
cukup menarik! bisa ditambahkan cara ke sana serta moda transportasi umum yang bisa digunakan?
meira solvin   |2007-12-26 13:27:58
saya kebetulan kemaren habis dari sana....tapi saya bawa motor...
ehm...menurut saya suasana disana biasa saja n air panasnya pun ga begitu panas...bisa dibilang air anget......kalo saya boleh kasih saran ya...mending cari pemandian air panas yang lain seperti di gunung bunder dll.....tapi klo masih penasarranya silahkan saja....
mul   |2007-12-30 08:34:40
Kalau ingin mandi airnya panas datangnya jangan hari libur hari kerja aja coba deh pasti airnya lebih panas.
gilang   |2007-12-31 11:28:09
emang apa hubungannya antara panas air sama hari kerja :grin
mul   |2008-01-02 12:59:41
Klo hari libur semua kamar mandi diaktifkan karena debitnya kecil jadi pengaruh ke panasnya sedangkan hari kerja tidak semua kamar diaktifkan jadi panasnya lebih terasa
si cogreg   |2008-11-06 07:04:09
beberapa taon yg lalu akses menuju tirta sanita itu becek jalan banyak lobang cuma ada ojek ,ya syukurlah sekarang jalannya udah baguuuus :grin
aja   |2008-11-26 13:44:20
:grin boleh kasi tahu sama saya tempat menarik di bogor dan tmpat sekitarnya?
makijikan saya lagi mau ke sana,tp saya tidak tahu mana mau cari tmpat menarik di negara kamu.
Ria  - Minta no. tlp kantor pemasaran   |2009-12-02 17:35:58
Dear Sir n Madam,

Ada yg tau kantor pemasaran pemandian air panas ciseeng ga? aq kesulitan untuk tau informasinya....thanks
Maika  - mau tanya   |2009-12-29 13:13:20
apakah tersedia penginapan dsekitar lokasi wisata?berapa rate semalamnya?

apakah nyaman untuk anak bayi di bawah 1 tahun ?

dan apa fasilitas yang tersedia dsana?

trima kasih ....
ANDRI   |2010-01-25 22:03:06
sebelumnya saya mohon maaf, bisa nggak di beritaukan rute alternatifnya biar gak macet, thanks
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 3 tamu online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats