Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Indonesia arrow Sumatera arrow Lampung, Tujuan Jalan-jalan anda
Lampung, Tujuan Jalan-jalan anda PDF Cetak E-mail
(73 votes)
Jenuh berwisata ke kawasan Puncak, Jawa Barat atau Pantai Anyer dan Carita, Banten? Lampung bisa menjadi alternatif destinasi liburan anda. Selain dekat dari Jakarta, potensi pariwisata di ujung selatan Pulau Sumatera ini juga cukup menjanjikan. Selama ini warga Jakarta dan sekitarnya memilih Puncak, Anyer dan Carita sebagai tujuan liburan. Selain faktor kedekatan jika dibanding ke Bali atau Yogyakarta, juga paket-paket wisatanya relatif murah. Lampung bisa menjadi pilihan. Provinsi ini kaya obyek wisata. Paket unggulannya pun beragam, baik obyek fisik maupun atraksi.

Perjalanan menuju Lampung dapat dimulai dari pintu tol Slipi, Tomang, atau pintu tol Kebon Jeruk menuju Pelabuhan Merak, Banten kemudian diteruskan dengan menyeberangi Selat Sunda menuju Bakauheni. Merak bisa dicapai dalam tempo satu jam atau satu jam 15 menit. Di Merak, kapal cepat ke Bakauheni yang hanya berlayar siang hari antara pukul 06.00 atau 06.30 hingga pukul 17.00 atau 17.30 dengan lama berlayar 40-45 menit.

Bila anda membawa mobil pribadi, naik bus Jakarta-Bandar Lampung atau melakukan perjalanan malam hari, penyeberangan hanya dapat dilakukan dengan kapal feri selama sekitar dua jam. Lampung juga bisa dicapai melalui jalur udara. Beberapa maskapai penerbangan melayani, Bandara Radin Inten (Lampung) dan Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Bandar Lampung adalah kota yang strategis bagi kunjungan wisata ke berbagai obyek wisata. Kota ini bisa dicapai dalam 1,5 jam dari Bakauheni dan 30 menit dari Bandar Udara Radin Inten. Obyek wisata pantai, budaya, alam pegunungan atau wisata petualangan di hutan dan sungai, selam dan memancing, mudah dijangkau dari kota ini.

Karena obyek yang satu dan lainnya saling berdekatan, bisa dipastikan kunjungan atau perjalanan wisata anda menjadi tidak monoton, pengalaman pun menjadi lebih beragam karena banyak tempat yang bisa dilihat.

Bandar Lampung merupakan penyatuan dua kota tua, yakni Telukbetung dan Tanjungkarang. Prasarana dan sarana tersedia cukup di sini, seperti taksi, bus dalam kota dan antarkota, kereta api, taksi antarjemput antarkota provinsi, dan pusat perbelanjaan.

Di Telukbetung terdapat monumen peringatan meletusnya Gunung Krakatau di Taman Dipangga. Monumen ini berupa rambu laut seberat setengah ton yang terlempar akibat gelombang pasang tsunami setinggi 30 meter yang ditimbulkan letusan Gunung Krakatau tahun 1883. Taman ini merupakan bagian lokasi kantor Residen Lampung.

Rumah-rumah tradisional atau rumah adat, kawasan hutan kota dan taman kupu-kupu bisa dilihat di sini. Di banyak tempat anda bisa dengan mudah menemukan kain tapis, yaitu kain khas Lampung yang ditenun dari benang, kapas atau serat nanas secara tradisional. Kain yang disulam dengan benang emas atau benang perak sulum usus berbagai motif.

Ingin wisata pantai? Datanglah ke bibir Pantai Teluk Lampung yang terbentang dari Kalianda di Lampung Selatan hingga Bandar Lampung. Sebuah kawasan teluk dengan pantai yang indah dan selanjutnya ke Teluk Semangka di Tanggamus.

Sumber air panas Way Belerang, Pantai Wartawan, Kalianda Resor, Laguna Helau, Merak Belantung, Pasir Putih, Tanjung Selaki, Pulau Pasir, Pantai Marina adalah kawasan wisata pantai di Teluk Lampung di wilayah Lampung Selatan.

Ada Pantai Marina dan Kalianda Resor. Pantai Marina memiliki pemandangan indah dengan batu-batu karang yang bentuknya beraneka ragam. Menurut cerita rakyat, ada batu karang yang disebut Batu Balai merupakan tempat Pangeran Cindar Bumi menerima tamu. Pantai ini terletak di Kecamatan Sidomulyo 43 kilometer dari Bandar Lampung atau 22 kilometer dari Kalianda. Fasilitas yang tersedia di sini beragam.

Kawasan wisata Kalianda Resor terletak 30 kilometer utara Bakauheni, 20 kilometer utara Kalianda, dan 45 kilometer dari Bandar Lampung. Kawasan ini menyediakan fasilitas petualangan seperti tour ke Krakatau dan pulau-pulau sekitar Teluk Lampung bagian selatan, diving di Pulau Sebuku, memancing, tempat berkemah, bungalow, jetsky, diskotek, kafetaria yang menghadap ke pantai, penyewaan sepeda, dan perahu dayung.

Obyek-obyek wisata lain adalah taman purbakala, desa adat, agrowisata, makam Kuno Pangeran Jiwa Kesuma, kawasan batu keramat, air terjun, kubu perahu, danau dan perkampungan asli yang tersebar di 10 kabupaten dan kota. Semuanya mudah dijangkau dari Bandar Lampung.

Obyek-obyek wisata itu hanyalah sebagian kecil dari kekayaan obyek wisata Lampung. Maskotnya adalah obyek wisata Kepulauan Gunung Krakatau, Taman Nasional Way Kambas dan Bukit Barisan. Tiga obyek ini sudah dikenal di seluruh dunia. Di samping obyek fisik, pariwisata Lampung juga menyajikan paket atraksi yang puncaknya adalah Festival Krakatau.

Lampung merupakan kawasan wisata alternatif yang paling diminati warga Jakarta dan daerah lain di Sumatera. Setiap akhir pekan seluruh hotel di Lampung, mulai dari hotel melati hingga hotel berbintang, selalu padat tamu. Tingkat hunian hotel di Lampung bisa mencapai di atas 65 persen. Sebagian terbesar tamu hotel datang dari Jakarta dan sekitarnya, seperti Serang dan sebagian kecil dari Palembang atau Bengkulu.

Sejak tahun 2002, tingkat hunian hotel mulai padat sejak Jumat malam. Tahun-tahun sebelumnya, hotel-hotel baru dipadati tamu mulai hari Sabtu. So, tidak perlu jauh-jauh memilih tempat liburan. Murah meriah, yang penting bisa sejenak melepas penat dari kesibukan anda di Jakarta. (ee)

Peta Lokasi :

Salam hangat dari Liburan.Info...

Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

atau login di liburan.info dan klik menu submit news.

Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
joko ramdhoni   |2007-12-30 18:08:57
saya mau menanyakan tentang hotel di sekitar pantai kalianda atau pantai mutun. atau pasir putih berikut tarif huniannnya per net. tolong ya
zay   |2008-01-07 01:35:26
saya tertarik sekali dengan wisata lampung, setelah saya membaca website ini sekarang ini say ad di belanda dan kami sekeluarga ada rncana liburan ke indonesia dan ingin melihat wisata alam lampung bisa kah anda membantu saya untuk jadi pemandu karna saya tidak tau jelas daerah lampung
sebelum dan sesudah saya ucapkan terimakasih
Hary  - information   |2009-02-05 01:20:00
terimakasih sebelumnya, sekedar informasi bisa di browsing ke visitlampung2009, tetapi itu belum semua terdata secara akurat, saya bisa bantu melalui gambar atau bisa di browsing melalui google earth di wilayah pesisir barat lampung, nuansa alam nya merupakan miniatur indonesia, Alam pegunungan, Hutan yang masih perawan, Pantai yang indah, serta masyarakatnya yang bersahabat. seandainya memang ada rencana ke lampung bisa kontak saya di +62721241241 (office) / 6281541470712, dengan Sdr. Hary.
zay   |2008-01-07 01:50:00
saya ada rencana wisata kelampung bulan maret,dan saya ingin stay in hotel tidak jauh dari teluk atau daerah kupang kota tolong beri info nama hotel dan tarif nya one night terimakasih.
dona   |2008-03-11 16:06:32
mau tanya nama-nama hotel yang ada dibandarlampung serta harganya mulai dari yang termahal sampai yang paling murah ya. terimakasih.
berly   |2008-03-11 18:16:06
Saya jg ingin menanyakan hotel2 sekitar Bandar Lampung dan tarif2nya dr kelas berbintang sampai tidak berbintang... Mohon informasinya ya... Terima Kasih saya ucapkan.
andria   |2008-03-13 14:35:40
Please Contact :
TRANSPOT TOUR & TRAVEL
JL. Petogogan II No. 14
Blok A - Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Ph : 21 70066277
erwin kusumawardhana   |2008-03-13 21:33:51
saya ingin mengunjungi obyek wisata di lampung khususnya lampung selatan tepatnya di tanggamus dan sekitarnya
erwin kusumawardhana   |2008-03-13 21:40:11
Saya ingin mengunjungi wisata di lampung tepatnya di Tanggamus dan sekitarnya, saya ingin perjalanan Rute dari Bandung dengan Bus Kramajati atau Jakarta dengan umum perjalanan darat. Dan saya juga menanyakan obyek wisata di Tanggamus dan sektarnya beserta penginapan dari kelas menengah beserta tarifnya. Terima kasih atas informasi yang anda berikan ! Wassalam
Yudhi Lesmana   |2008-05-21 09:57:31
Saya mau menanyakan, apakah benar wilayah lampung timur itu rawan dengan kejahatan di jalan ( BEGAL ),
karena saya ada rencana dengan kawan kawan di kantor untuk melakukan wisata budaya dan kuliner di lampung dalam waktu dekat ini. Tks :? :? :?
hendri   |2008-05-22 09:11:15
weleh...weleh ....
saya asli jkt.tapi saya bisa bantu temen tuk wisata ke lampung...

benaran koq, disana enak bgt d'

nga plu pake hotel, inap rumah saya di lampung aja, tanjung karang....
dgoro widi   |2010-04-26 17:03:39
tolong tempat cafe live musik baleno en trubus itu temapt karoeke ya
dgoro widi  - re:   |2010-04-26 17:06:02
hendri, kt minta tolong informasi tentang cafe live musik baleno en trubus bagaimana en daerah kalianda sebelah mana?
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 2 tamu dan 2 anggota online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats