Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Indonesia arrow Sumatera arrow Medan, Dari Brastagi hingga Samosir
Medan, Dari Brastagi hingga Samosir PDF Cetak E-mail
(29 votes)

Sumatera Utara ternyata menyimpan potensi wisata yang rasanya sayang untuk dilewatkan. Sebagai alternative destinasi liburan anda, wilayah ini diyakini mampu menyaingi Bali dengan pertimbangan kawasan ini berdekatan dengan Singapura, Thailand dan Malaysia. Sebagai pusat pemerintahan daerah Sumatera Utara, Medan tumbuh menjadi kota metropolitan dengan penduduk kurang lebih 2,5 juta jiwa, sebagian besar penduduk tersebut adalah suku Batak dan Melayu. Selebihnya Jawa, Aceh serta warga keturunan Cina dan India. Sekarang Medan adalah kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Bangunan perkantoran dan pusat perbelanjaan tumbuh bak jamur di musim hujan. Salah satu keistimewaan kota Medan adalah becak motor atau yang lebih dikenal dengan becak mesin yang menambah semaraknya kota ini.

Untuk mencapai wilayah beribukota Medan ini, dapat ditempuh melalui darat, laut, dan udara. Medan memiliki Bandar Udara (Bandara) Internasional Polonia yang letaknya 4 km dari pusat kota, pelabuhan laut terbesar ketiga di Indonesia, Belawan yang terletak 25 km di utara Medan. Selain itu, mempunyai 2 terminal bis antar kota yaitu Terminal Pinang Baris di utara dan Terminal Amplas di selatan Medan.

Di Medan banyak dijumpai bangunan kuno bergaya Eropa sisa Kolonial Belanda dan kawasan ini dikenal dengan nama Kesawan. Di utara Kesawan terdapat Lapangan Merdeka. Di sekitar tempat ini terdapat beberapa bangunan kuno seperti Gedung Balai Kota, Bank Indonesia, PT. London Sumatera, Hotel Dharma Deli dan sebuah jembatan gantung (titi gantung) yang di bawahnya terdapat Stasiun Kereta Api Medan. Juga terdapat bangunan antik yang bersejarah yaitu Kantor Pos Pusat Medan yang sampai sekarang masih tetap beroperasi. Jika anda menyempatkan diri untuk menikmati suasana malam kota Medan, di kawasan Kesawan terdapat tempat Jajanan Malam terbesar di Kota Medan, anda bisa menikmati semua jenis makanan yang telah siap dihidangkan oleh para penjajanya. Di Kesawan juga (Jl. Ahmad Yani) ini anda dapat menemukan berbagai jenis sovenir asli yang menunjukan ciri khas Daerah Sumatera Utara.

Objek wisata yang bisa ditemui di Medan adalah Istana Maimun yang merupakan hasil peninggalan dari jaman penjajahan Belanda. Objek wisata tersebut sangatlah indah dan seni arsitekturnya sangatlah mencirikan sebuah bangunan kuno eropa bak istana. Objek wisata ini terletak di Jl. Brigjend Katamso, Medan. Selain itu terdapat juga Mesjid Raya Medan yang memiliki perpaduan seni artistik yang tinggi dan megah, membuat mesjid ini terlihat sangat anggun. Lokasi Mesjid Raya Medan dapat anda jumpai di Jl. S.M. Raja, Medan.

Tanah Karo bisa menjadi destinasi anda selanjutnya berjarak sekitar 78 km dari Medan. Salah satu tempat yang bisa anda kunjungi di Tanah Karo adalah Brastagi, terletak di ketinggian sekitar 4.594 kaki dari permukaan laut dan dikelilingi barisan gunung-gunung, memiliki udara yang sejuk dengan hamparan perladangan pertaniannya yang indah, luas dan hijau. Brastagi merupakan daerah tujuan wisata yang memiliki fasilitas lengkap. Brastagi juga dikenal dengan julukan kota Markisa & Jeruk Manis. Dari sini anda bisa menikmati pemandangan indah Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung yang keduanya masih aktif.

Cukup dengan perjalanan 3 sampai 4 jam ke hutan di Gunung Sibayak untuk melihat kekayaan alam baik flora maupun fauna. Selain buah - buahan, Berastagi juga terkenal sebagai penghasil berbagai jenis sayur - sayuran, buah - buahan dan bunga - bunga. Di kota ini sering diselenggarakan beberapa even pariwisata, seperti Pesta Bunga Buah dan Festival Kebudayaan Pesta Mejuah-juah yang diadakan setiap tahun. Tanah Karo memiliki tradisi yang turun temurun dilakukan yaitu Kerja Tahun yang diselenggarakan setiap tahun oleh orang-orang Karo yang tinggal di daerah ataupun yang sudah merantau.

Ada banyak alternatif untuk mencapai Tanah Karo dari Medan, yaitu : Sembahe merupakan salah satu lintasan jalan raya Medan-Brastagi sekitar 35 km dari Medan dapat ditempuh selama 45 menit dengan kendaraan bermotor dari kota Medan, sekitar 15 menit perjalanan dari Sembahe, anda tiba di Sibolangit yang berjarak kira-kira 40 km dari Medan. Sepanjang jalan akan terlihat Hutan Wisata yang sebelumnya merupakan kebun botani (tumbuh-tumbuhan) yang terletak di lereng pegunungan Bukit Barisan yang berudara yang sangat sejuk. Jalan-jalan kecil di hutan hujan ini berguna untuk pemberhentian para turis lokal maupun dari manca negara. Di sepanjang jalan ini juga dapat ditemukan pondok-pondok durian yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat sambil makan durian.

Bandar Baru, merupakan suatu kota kecil lebih kurang 47 km dari Medan ke arah Brastagi, memiliki udara sejuk dan nyaman yang cocok untuk liburan akhir pekan; Penatapen/ pemandangan merupakan tempat lintasan jalan Medan-Brastagi yang dekat dengan perbatasan antara Tanah Karo dengan Deli Serdang. Di tempat ini sering digunakan sebagai tempat pemberhentian sejenak bagi orang yang lelah dalam perjalanan sambil menikmati hangatnya jagung rebus dan jagung bakar. Dari sini kita bisa memandang ke arah Bandar Baru dan Medan, juga bisa melihat air terjun Sikulikap serta jalur pendakian ke Gunung Sibayak.

Menyeberang Danau Toba, anda pastinya akan singgah di Pulau Samosir, sebuah pulau yang terletak di tengah danau yang menjadi destinasi anda berikutnya. Meski terbilang kecil, Kabupaten Samosir memiliki daerah-daerah yang berpotensi di bidang wisata yang berbasis pemandangan alam, wisata spiritual, wisata pertanian, wisata budaya dan perairan Danau Toba.

Seperti wilayah Tuk-Tuk Siadong, menyajikan lanskap keindahan alam yang banyak dikunjungi wisatawan daerah maupun manca negara. Soal akomodasi, daerah ini menyediakan sarana penginapan kelas hotel berbintang. Tomok, merupakan lokasi pemakaman Raja Sidabutar, pemakaman ini berumur ratusan tahun. Siallagan merupakan lokasi perkampungan Batak dengan batu persidangan (pengadilan) dan tempat eksekusi yang berada tepat di tengah kampung. Simanindo adalah lokasi perkampungan Batak dengan museum yang berisi peninggalan barang-barang kuno dan bersejarah.

Di pulau Samosir juga terdapat Air Panas / Aek Hangat (Hot Spring) yang berada di kawah Gunung Pusuk Buhit. Air yang keluar merupakan air panas belerang yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tano Ponggol merupakan sebuah daerah yang menghubungkan Pulau Samosir dan Pulau Sumatera. Pantai Lagundi terdapat di sepanjang pantai timur Pulau Samosir. Pantai yang berpasir putih ini sangat cocok untuk camping ground dan wisata remaja. Sebuah menara tampak menjulang dibanding bangunan sekitarnya. Dari menara yang dinamakan Menara Pandang Tele yang berlokasi di daerah pegunungan di sisi lain pulau Samosir ini anda bisa melihat bentuk Pulau Samosir secara keseluruhan. Sebuah kawasan yang bernama Batu Guru diyakini menjadi slogan orang Batak yaitu "Dalihan Natolu". So, anda punya banyak pilihan untuk menentukan destinasi traveling selanjutnya, kan?

Sumber : Perempuan.com

Peta Lokasi :

Salam hangat dari Liburan.Info...

Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

atau login di liburan.info dan klik menu submit news.

Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
panda   |2008-01-15 08:21:53
PLEASE VISIT SAMOSIR ISLAND/LAKE TOBA here you can see the video , how beautiful is samosir/laketoba
dHora   |2008-02-15 04:15:32
klu ini harga paketnya berapa? dan travel itinerary gimana? thx
Ade   |2008-04-09 15:28:05
kalo ke air terjun sikulikap bisa memakai transportasi apa y.........trus ada fasilitas apa y....di sana.
Derry   |2008-04-10 17:01:10
Mengapa air terjun Sipiso-piso tidak ditampilkan atau diceritakan? Padahal Air Terjun Sipiso-piso merupakan objek wisata yang sangat menarik. Juga keindahan yg tersimpan di P. Nias koq ga ada di galeri sumatera???
Saran buat redaksi agar memberikan info mengenai akomodasi yg tersedia di DTW tsb. Jadi sebelum memutuskan untuk liburan kita sdh tau untuk nginap dihotel apa dan makan di mana??? Bravo...!!!
Horas, mejuah-juah, ya'ahowu
irma   |2008-04-30 08:21:13
Terima ksaih di atas informasinya. Saya lahir di medan tapi karena ayah orang Malaysia, udah jadi warganegara Malaysia.Agak menyedihkan karena ramai orang Malaysia berpendapat Medan is not a tourist friendly. Something needs to be done...agar bisa mengubah citra Sumut...

Horas
hotma   |2008-04-30 08:50:55
saya asli batak lho tp saya merantau ke balikpapn,makanya saya tau banyak mengenai objek2 wisata di sana,masih banyak lho objek2 wisata lainya yang tidak dimuat dalam artikel di atas,pokoknya ga nyesal deh kalo mo liburan ke Medan (Sumut),jamin puas lahir bathin.
evi   |2009-02-18 11:22:42
rencananya mei nanti saya dan teman kantor mau berlibur ke sumatera utara, buat temen 2 yang tau banyak tempat wisata disana boelh dong bagi2 info tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi supaya liburan saya dan teman2 sangat berkesan ...
riezta   |2010-03-03 14:54:31
klo mnurut sya sic objek wisata di Medan itu pertama yg pling indah sic Danau Toba, Lalu kita berlayar ke pulau Samosir untuk mengunjungi desa2 yg ada di Pulau Samosir.Di sna kita bsa bnyak tau tntang, adat istiadat di Batak Lalu Berastagi jga bagus, di sna pemandangannya sejuk dan terdapat desa Pecerean. Di peceran terdapat rumah traditional yg masih berdiri kkoh smpai saat ini. trs ad jga air terjun sipiso-piso, itu keren bgt.
vina  - comment   |2009-05-29 22:03:50
sekarang ada tempat baru lagi di sumut tepatnya taman simalem resort, kira2 dari kota medan 4 jam. tempatnya bagus indah dan tak terlupakan. jangan lupa singgah di sana, menuju kesana melewati berastagi dan dari taman tersebut tampak jelas keindahan danau toba.
MANSUR TANJUNG   |2009-12-02 14:22:53
, ayo kita liburan ke hilpak, yo
memed  - gans   |2010-01-08 14:59:16
wah kapan bisa maen kebrastagi ya??? dah luama bangetss..........


btw anyway kayak lagnya Es nanas aja...

yang judulna kunag-kunang gans
linna  - danger   |2010-01-16 10:36:27


es nanas????maksud u paan cie????
lam kenal yua,,,,w linna dari bogor,,
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 2 tamu dan 2 anggota online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats