Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Indonesia arrow Kalimantan arrow Berwisata di Waduk Riam Kanan
Berwisata di Waduk Riam Kanan PDF Cetak E-mail
(9 votes)
Bendungan Riam KananKemolekan wajah Nusantara kembali saya temui di Kalsel.Tepatnya di Desa Aranio Kabupaten Banjar.Nama objek wisata yang saya kunjungi kali ini adalah Waduk Riam Kanan. Bagaimana saya tidak terpesona, jika disana banyak sekali objek menarik yang sayang untuk tidak dinikmati. Apalagi tidak diabadikan melalui kamera. Kali ini saya tidak sendiri. Ada 11 orang teman ikut berpetualang di Riam Kanan. Perjalanan kami mulai dari Banjarmasin sekitar jam 7 Wita di pagi minggu yang sangat cerah.


Kota pertama yang kami lewati adalah Banjarbaru.Di bundaran simpang empat, kami arahkan sepeda motor menuju desa Aranio.Dari bundaran itu jarak yang harus kami tempuh sekitar 25 kilometer.

Bendungan Riam KananBukit-bukit terjal di kiri kanan jalan menambah cantik pemandangan. Hamparan sawah yang menghijau serta perkampungan penduduk desa yang terlihat bersahaja semakin memanjakan mata kami yang bosan dengan kehidupan perkotaan.Sesekali kami menemui jalanan sepi yang meliuk-liuk di bawah pepohonan di pinggir jalan.Sungguh sensasi yang nikmat bagi kami yang setiap hari hanya menjajal jalanan Banjarmasin yang penuh sesak laju kendaraan.

Bagi yang belum pernah ke Riam Kanan, mungkin 25 kilometer jarak tempuh yang dilewati akan terasa lama.Tapi bagi saya yang memang menyukai perjalanan darat dan kebetulan saya sudah pernah ke Riam Kanan, rasanya jarak tempuhnya tidaklah terlalu lama.Justru saya sangat menikmati perjalanan tersebut.

Bendungan Riam KananTiba di Riam Kanan kami harus membayar uang masuk sebesar Rp. 1500 per sepeda motor. Sangat murah bila dibanding dengan apa yang akan kami dapat nantinya.

Setelah memarkir kendaraan, kami lalu mengunjungi tempat penjualan ikan hasil budidaya masyarakat sekitar. Di Banjarmasin ikan puyau dijual dengan harga Rp 20 ribuan, disini hanya dihargai Rp 10 ribu saja untuk 1 kilogram.Benar-benar murah dan jauh lebih segar.

Puas melihat-lihat transaksi jual beli antara nelayan dan pedagang ikan, kami lalu menuju pelabuhan yang disana banyak ditemui kapal (klotok) berukuran sedang.

Bendungan Riam KananDengan klotok itulah kami akan menikmati pesona Riam Kanan. Harga sewa yang harus kami bayar adalah Rp 100 ribu.Karena tujuan yang akan kami tempuh adalah Pulau Pinus kedua (lebih jauh dari Pulau Pinus pertama).

Saat diatas klotok melaju itulah pesona Riam Kanan benar-benar eksotis. Hamparan air waduk yang menghijau, perbukitan yang asri, langit yang membiru serta puluhan rumah terapung adalah paket yang ditawarkan Riam Kanan yang bisa dilihat dari dalam klotok.

Sesekali sampan kecil bermesin terlihat melaju diatas luasnya waduk Riam Kanan.Biasanya mereka membawa ikan hasil tangkapan untuk dijual ke pasar. Betapa nikmatnya kehidupan mereka, karena tinggal di tempat yang masih sangat alami.

Bendungan Riam KananAkhirnya perjalanan sekitar 30 menit menuju Pulau Pinus kedua berakhir. Rasanya saya tidak sabar untuk segera menjelajah tiap sudut menarik yang ada disana. Jembatan panjang yang membelah waduk adalah salah satu objek yang berhasil menarik perhatian saya untuk segera membidikan kamera. Objek menarik lainnya adalah rimbunnya ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi di tengah waduk.

Sungguh pengalaman yang tak terlupakan, berwisata bersama belasan teman yang juga lelah dengan rutinitas kerja.Saya yakin puluhan wisatawan lain yang saya temui di Riam Kanan juga merasakan hal yang sama dengan apa yang kami alami.

Penulis : Nasrudin Ansori
Sumber: Kalimantanku
Foto : Nasrudin Ansori

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...

Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia,silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempatmakan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

atau login di liburan.info dan klik menu submit news.

Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 3 tamu online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats