Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Indonesia arrow Kalimantan arrow BBB
BBB PDF Cetak E-mail
(1 vote)
Judul diatas bukanlah merujuk pada grup vokal asal Jakarta yang bersuara pas-pasan. Dimana lagu-lagunya hanya memerlukan teknik vokal yang sangat rendah. BBB pada judul postingan ini merupakan singkatan Barambai Bali nya Borneo atau bisa juga Borneo Berasa Bali. He… Desa Barambai sekilas mirip Bali.Kenapa saya bilang mirip Bali, tidak lain & tidak bukan karena Desa Barambai dihuni oleh sebagian besar penduduk keturunan Bali.Yang notabene juga beragama Hindu Bali.Mereka secara turun temurun menetap di desa yang berjarak sekitar 2,5 jam dari Banjarmasin tersebut.

Otomatis kehidupan mereka pun kurang lebihnya berbudaya adat Bali. Seperti penamaan keturunan. Ada yang bernama Ketut, Kadek, Arya dll.Tidak hanya itu, setiap halaman rumah pun dilengkapi dengan ukiran dari batu atau kayu sebagai alat untuk menaruh perlengkapan ibadah.

Di Barambai juga memiliki pura besar yang bernama Pura Agung Widya Natha.Disini menjadi sentral peribadatan umat Hindu Bali yang ada di salah satu desa di Kabupaten Barito Kuala, Kalsel tersebut.

Penduduk disini rata-rata menggantungkan hidupnya sebagai petani.Mereka berdampingan secara damai dengan warga Suku Banjar, Jawa dll. Saat saya backpacking ke Barambai, keramahtamahan lah yang saya dapatkan. Setiap saya menanyakan sesuatu, selalu dijawab dengan tulus.

Seperti 3 anak keturunan Bali yang saya jumpai disana.Anak-anak yang masih bersekolah SD tersebut bahkan sangat lancar berbahasa Bali.Saat saya menanyakan sesuatu, mereka pasti akan menjawab dengan ramah.Logat Bali nya sangat terasa.

Beberapa bulan terakhir, Desa Barambai menjadi bahan perbincangan yang hangat oleh warga Kalsel.Bahkan media nasional maupun asing juga tidak mau ketinggalan dengan apa yang terjadi di Barambai.

Lumpur Barambai lah yang menjadi pemicu kehebohan warga & media.Lumpur Barambai merupakan fenomena alam yang sangat aneh.Dimana lumpur dingin keluar dari perut bumi secara terus menerus.Seperti air mendidih yang menggelembung.

Dulunya lumpur ini masih sangat kecil.Muncul di halaman rumah salah satu warga setempat.Lama kelamaan kubangan lumpur semakin membesar.Sehingga rumah yang ada disekitarnya dibongkar total.

Saat awal kejadian, lumpur ini banyak dikunjungi oleh warga Kalsel.Bahkan turis dari China, katanya juga pernah menyaksikan fenomena unik ini.

Kalangan akademisi seperti tim ahli ITB, juga pernah meneliti Lumpur Barambai.Usut punya usut ternyata lumpur mirip kopi susu ini mengandung gas metana.Tidak hanya itu, emas hitam alias batubara pun sering keluar bersamaan dengan lumpur.

Banyak yang bilang, kalo kandungan alam di Barambai sangat melimpah.Kekayaannya melebihi kabupaten-kabupaten lain di Kalsel yang lebih dulu dieksplorasi.

Gubernur Kalsel pun telah mengundang investor asing guna memaparkan kandungan alam yang ada di Barambai.

Dan lagi-lagi alam Kalsel terancam akan dikoyak-koyak.Itulah salah satu dampak yang harus kita tanggung jika berbicara soal ekonomi.

Namun ada secercah harapan, semoga kelak jika Lumpur Barambai benar-benar dieksplorasi dapat meningkatkan taraf hidup warga sekitarnya.

Groetjes

Penulis : nasrudin ansori
Sumber: kalimantanku
Foto : nasrudin ansori

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...

Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia,silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempatmakan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

atau login di liburan.info dan klik menu submit news.

Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 2 tamu online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats