Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Kuliner arrow Wisata Kuliner arrow Sate Kerbau Nusantara
Sate Kerbau Nusantara PDF Cetak E-mail
(3 votes)
Salah satu kuliner khas kota Kudus, selain Soto Kudus, Lentog , Jenang, Nasi Pindang adalah Sate Kerbau. Saya tidak tahu apakah di daerah lain ada sate yang menggunakan daging kerbau. Sate Kerbau Nusantara ini adalah salah satu penjual sate yang cukup terkenal di Kudus, penjualnya merupakan generasi ke dua dari penjual sate kerbau yang legendaris di Kudus yaitu Sate Kerbau Pak Jastro. Kenapa namanya berubah , dikarenakan nama Sate Jastro ini masih digunakan oleh istri kedua dari pak Jastro ini.

Sebenarnya sate Kerbau ini tidak sebagaimana lazimnya sate yaitu menggunakan daging mentah yang dibakar, tapi dagingnya dibuat seperti dendeng terlebih dahulu yaitu dimemarkan dan dibumbui dan dimasak terlebih dahulu , baru kemudian di balutkan ketusuk satenya.

Cara pemesanan dan cara penyajiannya juga berbeda dari  sate yang lain, biasanya kalau kita makan sate yang lain , kita pesan berapa tusuk baru dibakar tapi kalo sate kerbau ini kita tidak perlu pesan berapa tusuk melainkan langsung disajikan tumpukan sate dalam piring yang dialasi daun jati. Tinggal kita pilih yang daging atau koyor (jeroan, kikil, ati).
 
Selain itu kita juga bebas untuk mengambil bumbu sate yang telah disediakan dalam baskom besar, biasanya sate nya kita celupin kedalam baskom tersebut.

Sedangkan bumbu satenya ini dibuat dari gilingan kacang tanah dan srundeng (kelapa parut yang disangrai).

Nasi putih yang disajikan juga beralaskan daun jati , bagi yang suka pedas bisa memilih apakah menggunakan sambel ulek atau menggunakan cabe rawit yang di rebus.

Sekian dan mohon maaf buat kokiers yang merasa artikel ini merupakan sebuah penyiksaaan lidah.

Penulis : Jon Leung - Kudus
Sumber: Kompas Community
Foto : Jon Leung

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...

Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia,silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempatmakan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

atau login di liburan.info dan klik menu submit news.

Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 2 tamu online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats