Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Indonesia arrow Kalimantan arrow Berakhir pekan di dua kota sekaligus..!
Berakhir pekan di dua kota sekaligus..! PDF Cetak E-mail
(3 votes)
martapuraSempat bingung juga mau ke kota mana yang kira-kira pas untuk mengisi akhir pekan ini.Apalagi saya nya agak serakah, pengen menjelajah di dua kota sekaligus dalam waktu 12 jam (baca: minggu siang). Hmmm...ternyata otak petualangan saya segera menjawab kebingungan itu.Banjarbaru & Martapura adalah jawaban yang tepat ! Mulailah saya mempersiapkan segala sesuatu nya.Parfum, buku, nivea (ups...!), brosur panduan wisata, kopiah (sekalian ziarah), kamera (yg paling penting) dll.

Kali ini perjalanan tidak saya tempuh melalui Jalan A Yani, karena sudah bosan dengan jalan itu.Selain padat, juga ditumbuhi banyak bangunan beton kayak ruko, dealer mobil, perkantoran, perumahan, pabrik dll.Gak enak diliat.Saya lebih memilih jalur alternatif saja.Perkampungan tradisional serta hijaunya pepohonan adalah hal yang paling mendominasi pemandangan.

martapuraFoto diatas adalah jembatan gantung yang menghubungkan dua desa di Lok Baintan.Saya lalu melanjutkan perjalanan dengan pemandangan yang lebih indah lagi.Pedesaan dengan hamparan sawah serta kolam-kolam liar yang ditumbuhi bunga teratai.Huhhhh....cantik banget, lebih cantik bila dibandingkan dengan taman buatan di hotel berbintang.

Gak terasa perjalanan telah memasuki Banjarbaru.Saya langsung menuju kawasan paling terkenal di Banjarbaru, apalagi kalo bukan Lapangan Murjani.Setiap hari alun-alun kebanggaan warga Kota Idaman ini, rame dipenuhi banyak orang.Apalagi pagi minggu seperti ini.Disana saya sempat menikmati sepiring nasi goreng serta bubur sum-sum.

Yang bikin asik, disana juga sedang berkumpul komunitas pecinta sepeda tua (baca: ontel).Namanya Setumat (Sepeda Tuha Martapura), yang artinya kumpulan sepeda tua Martapura.Menurut salah satu anggota yang sangat ingin disebutkan namanya di blog ini (tapi saya lupa nanya namanya),he..jumlah anggotanya udah 30 an.Saya juga sempat nyicipin enaknya naik sepeda unik tersebut.

martapuraPuas disana, saya nya langsung menuju museum terbesar di Kalsel, yakni Museum Negeri Lambung Mangkurat.Dengan hanya Rp.1500 saya bisa menyaksikan serta mempelajari benda-benda sejarah disana.Seperti Al Quran tua tulisan asli ulama Kalsel dulu, Muhammad Arsyad Al Banjari.

Ada kejadian yang sempat bikin saya nya kesal, karena terlanjur beli bakso yang benar-benar gak enak!!Ya udahlah, cuman Rp 5 ribu kok.Puas berkeliling museum, saya kembali melanjutkan perjalanan.Berjarak sekitar 20 menit dari pusat kota Banjarbaru, saya menyaksikan langsung pendulangan intan di Cempaka.Saya nya makin sadar kalo Indonesia tuh kaya banget.

Dengan hanya bermodalkan sebuah benda mirip mangkok besar, serpihan intan yang masih mentah itu dikumpulkan, lalu diolah di tempat pengrajin permata.Sekitar 1 jam disana, saya berinisiatif melanjutkan perjalanan ke Kota Serambi Mekkah, Martapura.Disana saya akan mengunjungi makam ulama paling terkenal, Guru Sekumpul.Terletak di Sekumpul, Martapura.Musholla berukuran seperti masjid segera menyambut kedatangan saya.

martapuraTidak lengkap rasanya, kalo berwisata tanpa menikmati kuliner enak di kota yang sedang dikunjungi.Nah, kali ini saya memilih menu ikan nila berkuah santan pekat dengan bumbu khas Banjar.Wow enak buanget.Andai rumah makan ini ada di Banjarmasin, mungkin akan saya kunjungi sesering mungkin.Saya yakin Pak Bondan si presenter Wisata Kuliner itu, pasti bakalan 10 kali ngucapin "Maknyus".

Perut kenyang, nah saat nya melanjutkan wisata berikutnya.Ke Martapura tidak lengkap kalo gak ke Pusat Pertokoan Permata Cahaya Bumi Selamat (CBS).Berada disini, mengingatkan saya pada suasana Malioboro Jogja, rame ama wisatawan yang beli-beli cinderamata.Namun CBS punya kelebihan, toko intan nya banyak banget...! Pantas aja Martapura udah lama kesohor sampe keluar negeri.Di CBS ini, hampir tiap hari nongol turis bule.

Saya juga sempat memergoki kru Hanya Di Indonesia nya RCTI syuting di Pasar Wadai/Kue Tradisional di sekitar CBS.Menurut saya, budaya & wisata Kalsel merupakan salah satu daerah yang paling sering diliput ama TV nasional (tapi belum bisa menyaingi Jawa Barat).

martapuraLokasi terakhir yang saya kunjungi adalah the one of biggest mosque in South Kalimantan, Masjid Agung Al Karomah Martapura.Arsitekturnya cantik banget & yang lebih membanggakan perancang utama masjid ini adalah tim dari teknik arsitektur Unlam Banjarmasin alias lokal aja.Mmmm...dua jempol deh buat teman-teman Unlam.

Kelar sholat ashar berjamaah, saya berkeliling sebentar di area masjid.Banyak sekali santri putri berseliweran dengan busana khas nya.

Perjalanan kali ini benar-benar seru. Kebahagiaan saya semakin lengkap, karena pada hari yang sama blog saya tampil di Banjarmasin Post pada rubrik hobi yang mengangkat tema ngeblog.

Penulis : Nasrudin Ansori
Sumber: kalimantanku
Foto : Nasrudin Ansori

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...

Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia,silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempatmakan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

atau login di liburan.info dan klik menu submit news.

Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 2 tamu online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats