Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Internasional arrow Amerika arrow Crossing Mississippi River
Crossing Mississippi River PDF Cetak E-mail
(0 votes)
Sungai Mississippi adalah salah satu sungai terpanjang di Amerika Serikat, melintasi sekitar 9 negara bagian, panjangnya 3770 km. Nomer satu terpanjang di Amerika adalah Missouri River (4090 km). Tujuh tahun aku tinggal di Minnesota baru tahun ini aku dan keluarga menyempatkan diri pergi ke Itasca State Park.

Letaknya sekitar 4 jam perjalanan ke bagian utara Minnesota dari Minneapolis. Minnesota sendiri punya julukan State of 10,000 lakes, walaupun sebenarnya katanya ada lebih dari 12,000 danau di negara bagian Minnesota. Yang paling besar, tentunya Lake Superior, but that will be a different story.

Go back to Itasca and the Mighty Mississippi River. Nama Mississippi diambil dari bahasa Ojibwe (salah satu suku Indian), misi-ziibi yang artinya great river dan gichi-ziibi yang artinya big river.

Sungai Mississippi ini source-nya ada di Lake Itasca, Itasca State Park. Nama Itasca sendiri adalah gabungan dari bahasa latin, veritas (the truth )dan caput ( head).
Dari Lake Itasca inilah sungai Mississippi mengalir ke sembilan  negara bagian dan berakhir di Teluk Meksiko. Kalau aku enggak salah hitung ada 36 kota yang di lalui sungai ini. Negara bagian yang di lalui adalah Minnesota, Iowa, Illinois, Wisconsin, Missouri, Arkansas, Kentucky, Mississippi, dan Louisiana.

Dalam perjalanan ke Itasca, kami melalui beberapa kota kecil, danau, hutan dan sungai. Bagian utara Minnesota memang terkenal dengan tempat buat camping, memancing, berburu dan resort yang menyewakan cabin. Kota kecil ini, jangan dibandingkan dengan kota kecil di pulau Jawa. Penduduk kota kecil seperti Dorset, misalnya, populasinya hanya 32. Bahkan ada yang populasinya cuma 21 orang. Tapi justru di kota kecil seperti ini yang banyak menyediakan segala sesuatu yang unik dan authentic dari Minnesota. Dan yang dijual apalagi kalau bukan segala sesuatu tentang sungai Mississippi dan danau disekitar daerah Itasca, seperti Leech lake, Itasca Lake, dan Detroit Lake.

Kota terbesar di daerah ini Walker, populasinya 1600 orang, Park Rapids- 2000 orang dan Detroit Lake 2500 orang. Kota lainnya, penduduknya enggak ada yang lebih dari 200 orang.

Kami sendiri menyewa suite room di Horse Shoe Bay, di kota Walker. Sekitar 30 menit dari Itasca. Kalau orang dari luar USA bilang, East Coast people are not nice, West Coast people are friendly but Minnesota people, they are too friendly.. Setelah tujuh tahun aku tinggal di sini, memang berasa kalau orang daerah midwest adalah orang paling ramah yang pernah aku kenal. Kebanyakan mereka ini keturunan Jerman, Norwegia, Finlandia, dan Swedia. Jadi restaurant di kota-kota ini kebanyakan makanan yang disajikan adalah makanan dari negara yang aku sebut barusan.

Kami berangkat agak pagi dari resort ke Itasca, dan aku baru tahu kenapa suamiku mengajak berangkat pagi. Dalam perjalanan ke Itasca dari Walker, kami melalui kota kecil yang diselimuti hutan pohon pinus yang usianya ribuan tahun.

Nah, kalau kita berangkat pagi, bukan cuma pohon yang dilihat tapi juga elang gundul (bald eagle), rusa, elang, burung pelatuk, racoon, dan kalau anda beruntung moose (semacam rusa tapi lebih besar dan bulunya tebal). Natural dan alami sekali. Udaranya masih bersih, taman-tamannya rapi, tidak ada sampah berserakan. Beberapa orang yang membawa anjing mereka jalan-jalan pun, mengambil dan membersihkan kotoran anjing mereka sendiri.

Kami sampai di Itasca sekitar jam 8 pagi, menyempatkan diri sarapan dan minum kopi di rumah makan kecil in the middle of nowhere..he..he.. But I am not the only one who is excited to see it. I can see that my daughter so enthusiast pointing out everything on the street... he..he..

Sekitar jam 10 siang, kami mulai jalan di Itasca park. Andddd..here we are at the source of Mississippi River. Aku, suami dan anakku dengan noraknya langsung nyebur ke sungai. Kapan lagi bisa nyebrang sungai Mississippi tanpa takut tenggelam. Kalau liat di photo, you'll know what I mean.

Sehabis puas main air, kami langsung ikut boat tour yang mengelilingi danau Itasca. Pada saat tour yang naratornya kebanyakan ngomong (abis saya kan mau menikmati pemandangan, ini orang ngocehh terus),  kami sempat melihat state bird. Jadi setiap negara bagian punya binatang kebanggaan. NAh di Minnesota state bird-nya adalah Loon. Bentuknya mirip bebek, cuma lehernya lebih ramping dan warnanya hitam mengkilat. Bedanya dari bebek, mereka ini suka mengeluarkan melengking yang khas. Dan loon, juga penyelam yang cepat. Makanya susah sekali mengambil foto mereka, karena baru nongol sudah nyelem lagi.

Di danau di Minnesota ikan yang bisa di pancing adalah waleye, rainbow trout, bass dan cat fish. Kalau anda gila mancing, tinggal di Minnesota pasti rasanya seperti di surga..he..he.. Itasca State Park, selain menyediakan cabin untuk disewa, mereka juga menyediakan tempat untuk camping.

Aktifitas lainnya yang bisa dilakukan di danau ini adalah kayaking dan canoeing. Olah raga sehat sambil menikmati alam. hmmm.. Hal yang menarik buat dipelajari di daerah ini adalah, meskipun banyak sekali resort, hotel dan tempat camping, tapi mereka juga berusaha untuk melestarikan lingkungan dan alam sekitar mereka. Enggak ada perusakan lingkungan dan pencemaran limbah.

It's been a fun weekend and I learned a lot of things in three days. Next time we'll go much longer.. Itu janji kami..he..he..

Penulis : Vony - Minneapolis, MN, USA
Sumber : Kompas Community
Foto : Vony, Getty Images

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...

Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia,silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempatmakan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

atau login di liburan.info dan klik menu submit news.

Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
ika   |2010-01-18 00:46:24
bu vony, boleh PM, plz??
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 2 tamu online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats