Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Internasional arrow Afrika arrow Perjalanan Haji Nak Datuk
Perjalanan Haji Nak Datuk PDF Cetak E-mail
(0 votes)
Perjalanan HajiIni oleh-oleh berupa foto dari Datuk saat beribadah haji akhir 2008 silam….. Sedih. Bahagia. Dada sesak menahan tangis saat langkah kaki meninggalkan rumah? pagi Sabtu 29 Nov. 2008, dilepas dengan linangan air mata anak2 saat kepergian Datuk. Cerahnya pagi bagaikan tak kuasa menyibak mendung yg menyelimuti hati karena perpisahan singkat. “Aku datang memenuhi panggilanmu, Ya Allah”.  Tiba di Jeddah sore hari dan menunggu untuk proses registrasi maktab/akomodasi berdiam di Mekkah memakan waktu 7 jam.

Cara kerja petugas setempat lamban sekali. Untung saja saat tersebut kami jema’ah DKI kloter 47 dikunjungi oleh penceramah dari Kementerian Wakaf setempat, mengulas cara berhaji yang benar. Proses adminstrasi selesai hingga pukul dua belas malam, dengan sepuluh bus rombongan kami diberangkatkan menuju pemondokan berjarak lebih kurang 9 km dari Ka’bah.

Perjalanan HajiEsok harinya sekembali dari umrah [tawwaf, sa’i dan cukur], kami beruntung memperoleh jatah makan siang dan malam gratis berupa berupa nasi kotak lengkap dg buah dan air mineralnya selama keberadaan kami di Mekkah.

Ini tersedia berkat uluran tangan Pemda DKI Jakarta bagi jema’ah yang khusus pendaftaran hajinya di Jakarta [Terima kasih Pak Fauzi Bowo, sering2 aje gitu…, lumayan living cost utuh]. Tambah asyik lagi karena pondokan datuk setiap pagi dijadikan base camp Bulan Sabit setempat untuk membagikan sarapan pagi berupa roti, biscuit dan minuman penyegar.

Rombongan kami 33 orang mengadakan ziarah, sepanjang perjalanan banyak gunung batu [atau batu sebesar gunung?]. Seperti terlihat pada foto, gunung atau jabal Tsur di Mekkah. Terdapat goa tempat Nabi Muhammad selama 3 hari bersembunyi dari kejaran kaum Kuraisy untuk selanjut hijrah/mengungsi ke Madinah.

Perjalanan HajiDilanjutkan ziarah ke Jabal Nur, tampak dari kejauhan orang mendaki untuk menyaksikan goa hiro tempat pertama kali diturunkan ayat suci AlQur’an.

Beberapa hari berikutnya adalah puncak pelaksanaan haji, wukuf di padang Arafah. Udara pagi sangat dingin, datuk jalan pagi keliling sekitar kemah, dari kejauhan datuk mengabadikan gunung dengan sinar pagi cerah kemerahan.

Setelah wukuf dilanjutkan ritual haji Mabid/berdiam di Muzdalifah sambil menyiapkan kerikil hingga tengah malam, dilanjutkan esok harinya berangkat menuju Mina untuk melontar Jumarat.

Di tengah perjalanan menuju Jumarat, sedang khusuknya bertakbir,  tampak di langit awan bertasbih dengan formasi membentuk kata“ ALLAH’  [dalam tulisan arab], sayang saat difoto sambil berjalan dan silau, jadi hasilnya tidak bagus.

Perjalanan HajiSelesai pelaksanaan haji, kami dapat refund atas konpensasi kejahuan sebesar 215 real. Uang tersebut oleh pimpinan rombongan dipakai untuk biaya pindah ke Samiah wilayah dekat Ka’bah, berjarak 300 meter. Jadi kami dapat melakukan ibadah di Baitullah setiap waktu. Dari kamar hotel sempat diabadikan kilauwan lampu Masjidil Harom.

Beberapa hari kemudian kami ziarah ke Jeddah, tertarik akan mesjid terapungnya yang pernah ditampilkan KoKI jadul [jaaadul laaagi…], dan melewatkan momen matahari sore yang melatar belakangi Mesjid terapung untuk pembanding dengan mesjid terendam di dekat rumah datuk.

Penulis : Datuk M - Jakarta
Fotografer : Datuk
Sumber: Kompas Community

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...

Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

atau login di liburan.info dan klik menu submit news.

Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 1 tamu online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats