Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Internasional arrow Australia arrow Kupu Kupu yang Lucu
Kupu Kupu yang Lucu PDF Cetak E-mail
(9 votes)
Melbourne Royal Park ZooKali ini saya mau coba nulis kolaborasi dengan adik saya dan dengan tema yang ringan-ringan saja.  Kebetulan karena adik lagi liburan dan ikut short course dia saya ajak jalan-2 melihat tempat-tempat menarik di Melbourne (OZ) sini.  Adik perempuan saya yang suka fotografi (sedang dalam taraf belajar sih jadi masih pemula) memang suka kegiatan outbond makannya antusias sekali ketika saya ajak mengunjungi Melbourne Royal Park Zoo yang ada di pinggiran kota (beberapa menit dari pusat kota).

Saya enggak akan menceritakan secara detail tentang zoo-nya, tetapi lebih tertarik untuk menulis tentang koleksi serangga dan kupu-2 yang dimiliki Melbourne Zoo. Waowww ternyata sungguh menarik. Karena sekitar ratusan kupu-2 dalam berbagai jenis, ukuran dan bentuk memang tersaji indah di sangkar besarnya yang diberi nama Butterfly House.

Melbourne Royal Park ZooButerfly House memang makin melengkapi koleksi satwa yang dimiliki Melbourne Zoo. Sepertinya untuk melindungi fauna yang ada di OZ dan sekaligus ajang untuk edukasi maka zoo terus bebenah. Tak hanya butterfly house, dalam waktu dekat pengunjung pun makin dipuaskan karena bisa menikmati sajian alam bawah laut (fauna laut OZ) dalam gedung yang megah (masih dalam kontruksi). Selain itu di kompleks megah tersebut akan dilengkapi pula dengan arena untuk melihat aktivitas penguin. Sehingga, kita tidak perlu lagi menempuh perjalanan jauh pergi ke Philip Island (di ujung selatan kota Melbourne) untuk melihat habitat penguin dan kebiasaannya yang suka ‘keluar malam’ di sepanjang bibir pantai Philip Island. Suatu hal yang fenomenal!

Nah, kembali soal kupu-kupu….bagi para pengunjung, butterfly house adalah tempat yang berbeda. Setelah melihat aneka satwa yang kekar dan super power seperti harimau, singa, beruang dan anjing liar (fox), satwa bertampang lucu dan khas dari OZ seperti koala, harimau dan wombat, satwa bertubuh besar seperti jerapah, gajah, kuda dan gorilla, hiburan unik dari sekelompok simpanse, maka pengunjung makin terhibur ketika bisa ‘bersosialiasi’ dengan pasukan kupu-kupu yang indah itu.

Buterfly house sendiri cukup menarik desainnya. Gerbangnya berhias gapura dari mozaik keramik yang eye catching (menarik perhatian mata) dengan warna-warna memikat. Di gerbang ini pula berkeliaran bebas seekor burung merak dengan bulu-2 yang indah. Tapia was jangan coba-coba mengganggunya, karena sang merak tak jarang akan mematuk tubuh si pengganggu tadi.

Melbourne Royal Park ZooSebelum masuk ke sangkar besar nan megah itu harus melalui dua pintu yang fungsinya untuk melindungi kupu-2 agar tetap berada di sangkarnya. Ketika memasuki sangkar super besar itu pun langsung terasa perbedaannya. Yup, suhu udara/temperaturnya diatur sedemikian rupa sehingga selalu hangat (di atas temperature asli suhu udara di luar yang agak sejuk walau saat ini masih summer). Rasanya seperti berada dalam ruang khusus untuk pembibitan instan ayam potong yang pernah saya lihat di Indonesia. Badan jadi berkeringat, lembab dan sedikit kurang nyaman.

Untungnya kondisi yang kurang nyaman itu segera hilang begitu kita melihat indahnya kupu-2 tersebut yang berterbangan dari satu dahan, ranting hingga mendekat ke manusia sekalipun. Waow jumlahnya mungkin bisa mencapai ratusan (saking banyaknya). Banyak anak-anak yang girang, karena benar-benar bisa melihat dari dekat, bahkan memegang ketika kupu-kupu itu hinggap di kepala, tangan dan bahu kita. Sementara sebagian pengunjung kelihatan asyik mengabadikan moment-moment indah tersebut dengan aneka kamera yang dimilikinya.

Melbourne Royal Park ZooWah…si kecil pun ikutan riang ketika melihat beberapa kupu-kupu terbang bebas ke arahnya. Yah…kupu-kupu tersebut tampak jinak. Dan senangnya lagi untuk menambah wawasan, kita bisa membaca/melihat tampilan proses terjadinya metamorphosa kupu-2 dari kempompong , ulat sampai menjadi kupu-kupu yang indah tersebut. Proses metamorphosa itu terpampang jelas dalam kotak kaca di salah satu sudut ruangan. Tidak jauh dari kotak kaca tersebut juga ditampilkan aneka koleksi kupu-2 yang sudah dikeringkan.

Demikianlah KoKiers, rupanya banyak cara untuk belajar tentang alam sekitar kita. Bagi penyuka kupu-kupu mungkin ini salah satu alternative untuk bisa dekat dengan mereka. Karena kalau di alam bebas mereka pun ikutan bebas terbang ke sana ke mari dan sulit untuk dilihat secara detail/lebih dekat keindahan helai bulunya serta tentunya bisa mengabadikan mereka dengan lebih leluasa!

Salam damai dari Melbourne yang masih summer.

Penulis : Nuni Berger - Melbourne
Sumber: Kompas Community
Foto : Nuni Berger

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...

Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

atau login di liburan.info dan klik menu submit news.

Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats