Skip to content
Site Tools
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size default color blue color green color
You are here: Home arrow Indonesia arrow Kalimantan arrow Gunung Kayangan dan Kota Pelaihari
Gunung Kayangan dan Kota Pelaihari PDF Cetak E-mail
(12 votes)
Trip kali ini, saya putuskan untuk berkunjung ke lokasi Wisata Alam Gunung Kayangan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.Namun sebelumnya saya mampir dulu ke Gambut untuk mencicipi Nasi Itik Gambut nya yang terkenal itu.Gunung Kayangan merupakan salah satu gunung dari sekian banyak gunung yang mudah ditemui di Pelaihari.Namun pegunungan tersebut bukan merupakan gunung aktif.Jaraknya hanya berjarak sekitar 55 Km dari Banjarmasin atau sekitar 10 Km dari Pelaihari.

Dari atas Gunung Kayangan, saya bisa menikmati pemandangan yang sangat cantik.Hamparan pegunungan yang mirip gundukan raksasa, areal perkebunan kelapa sawit, jalan aspal yang meliuk-liuk serta barisan kendaraan bermotor yang nampak seperti barisan semut.

Gunung Kayangan

Di salah satu sisi Gunung Kayangan, terdapat sebuah papan nama raksasa bertuliskan Tanah Laut.Sehingga mengingatkan saya pada Hollywood di AS.Bagi pasangan muda-mudi, tampaknya Gunung Kayangan merupakan lokasi yang cukup romantis.
Ada beberapa buah bangku yang disediakan yang menghadap langsung ke arah pegunungan serta pemandangan lainnya.Bahkan disana juga terdapat gardu pandang, sehingga dari sana akan nampak jelas seluruh pemandangan yang sangat indah.
Saat saya berkunjung, hampir tiap lima menit ada saja pengunjung yang datang.Bahkan ada diantaranya yang berasal dari Pulau Jawa.

Jelajah Kota Pelaihari

Sebenarnya kunjungan ke Pelaihari sudah saya jabanin sejak beberapa tahun yang lalu.Namun waktu itu, saya tidak membawa kamdig kesayangan.Ternyata saat ini di Pelaihari telah berdiri sebuah masjid berukuran besar yakni Masjid Agung Syuhada.Masjid ini menambah daftar masjid besar di Kalimantan Selatan setelah Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Masjid Agung Al Karomah Martapura.

Arsitektur Masjid Syuhada sangat menawan, banyak ukiran khas Kalimantan serta tentu saja kaligrafi Arab yang menghiasi hampir seluruh bagian bangunan utama.Masjid kebanggan Tanah Laut tersebut berada di Jalan Taqwa (sekitar GOR).

Tidak jauh dari sana, saya mampir sejenak di Taman Kijang Kencana (sejenis alun-alun).Pepohonan serta jenis tanaman merambat mendominasi taman.Disekitar taman banyak terdapat penjual makanan serta minuman.Saya mencicipi segelas Es Kelapa muda serta sepiring rujak buah.Hmmm…segar banget.Angin sepoi-sepoi menambah nikmat suasana.Dibagian lain banyak muda mudi bersantai sambil sesekali tertawa.

Perjalanan kali ini cukup berkesan bagi jiwa petualangan saya. Selamat tinggal Pelaihari, Kota Tuntung Pandang.
 
Penulis : Nasrudin Ansori
Sumber: kalimantanku
Foto : Nasrudin Ansori

Peta Lokasi :


Salam hangat dari Liburan.Info...

Teman-teman pembaca Liburan.Info di Indonesia dan Seluruh dunia, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan di sekitar anda dan perjalanan-perjalanan anda atau artikel-artikel yang terkait dengan pariwisata di Indonesia dan dunia bahkan tempat-tempat makan yang enak-enak dimanapun anda berada. Kirimkan artikel dan foto anda langsung melalui email:

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

atau login di liburan.info dan klik menu submit news.

Salam Liburan Indonesia...

Comments
Search RSS
M.Fahmi  - salut   |2009-10-15 21:48:29
Terima kasih, info wisata khususnya wilayah kalsel.
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Guide Anda di Liburan.Info

Mencari Sesuatu ?

Iklan di Liburan


Indonesia Joomla Topsites

Indonesia Joomla Topsites

Page Rank Check

 

Ads @ Liburan

liburan ke turki murah

liburan pulau macan pulau seribu

Pesan Disini !!!

Advertisement @ Liburan

paket liburan natal dan tahun baru 2011

Masuk Disini

Siapa yang Online ?

Saat ini ada 3 tamu online

Pegunjung Liburan

Pengunjung Liburan.Info

Orang

Rekan Liburan.Info

Indonesia Corporate Travel Agent
Indonesia Security Device Provider
The Green Village

Alexa Traffic Stats